alexametrics

Sodetan PHB Kali Pulo Rampung, Banjir Jatipadang Diharapkan Berkurang

loading...
Sodetan PHB Kali Pulo Rampung, Banjir Jatipadang Diharapkan Berkurang
Sodetan di saluran penghubung (PHB) Kali Pulo segmen Gang Haji Yusuf, Kelurahan Jati Padang, Kecamatan Pasar Minggu, Jakarta Selatan. Foto: Ist
A+ A-
JAKARTA - Suku Dinas Sumber Daya Air (SDA) Jakarta Selatan menyatakan telah menyelesaikan pembangunan sodetan di saluran penghubung (PHB) Kali Pulo segmen Gang Haji Yusuf, Kelurahan Jatipadang, Kecamatan Pasar Minggu, Jakarta Selatan. Pembuatan sodetan tersebut sebagai upaya untuk memecah aliran air di Kali Pulo sehingga bisa mencegah banjir.

Selama ini, debit air kiriman sering tidak tertampung dan menyebabkan air meluap menggenangi perkampungan warga. "Pembuatan sodetan dengan dimensi 1 x 1 meter persegi dan panjang kurang lebih 40 meter tersebut bertujuan agar debit air Kali Pulo dapat terbagi ke arah Barat dan dapat mengurangi terjadinya limpahan Kali Pulo yang menggenangi wilayah Jatipadang," ujar Kepala Suku Dinas SDA Jakarta Selatan Holi Susanto, Selasa (26/2/2019).

Dengan telah terbangunnya sodetan tersebut, pihaknya berharap genangan yang sering terjadi di aliran Kali Pulo wilayah Jatipadang dapat teratasi. (Baca juga: Tanggul Kali Jebol, Sebagian Wilayah Jatipadang Banjir)



Kepala Seksi Pemeliharaan Sudin SDA Jakarta Selatan Firmansyah menambahkan, pembuatan sodetan di PHB Kali Pulo segmen Gang Haji Yusuf ini selesai dibangun Senin (25/2/2019) kemarin. Pekerjaan ini lebih cepat dari target yang ditentukan yakni akhir Februari 2019.

“Sudah bisa diselesaikan. Artinya jauh lebih cepat dari target yang ditetapkan. Sekarang bahkan sudah bisa digunakan," ucapnya. (Baca juga: Anies Baswedan Tinjau Lokasi Banjir Jatipadang)

Firmansyah menuturkan, pengerjaan sodetan tersebut dilakukan oleh 25 personel yang dikerahkan oleh Sudin SDA Jakarta Selatan. Untuk keperluan material, pihaknya menurunkan satu unit pikap dan dua unit alat berat DT.

"Pembuatan ini dilakukan sejak awal Februari 2019 sebagai tindaklanjut penanganan genangan di Jatipadang," pungkasnya.
(thm)
preload video
KOMENTAR (pilih salah satu di bawah ini)
  • Disqus
  • Facebook
loading gif
Top
Aktifkan notifikasi browser anda untuk mendapatkan update berita terkini SINDOnews.
Aktifkan
Tidak