Festival Ciliwung Momentum Wujudkan Aksi Nyata untuk Lingkungan

Senin, 17 Juni 2024 - 10:07 WIB
loading...
A A A
Sejalan dengan hal tersebut, Wali Kota Depok Muhammad Idris menyambut baik upaya yang telah berjalan di Sungai Ciliwung ini dan beberapa tahun terakhir. Ia berharap upaya menjaga kelestarian Sungai Ciliwung bisa terus dilakukan dan merubah wajah Sungai Ciliwung menjadi lebih baik.

"Semoga dengan kegiatan seperti ini, Sungai Ciliwung bisa jadi salah satu ikonnya kota Depok, tidak hanya Universitas Indonesia saja yang jadi ikon Kota Depok," ujarnya.

Direktur Utama PT Pertamina (Persero) Nicke Widyawati menambahkan, jika Pertamina memiliki komitmen mendukung seluruh program pemerintah yang salah satunya mendukung net zero emission 2060, wujudnya salah satunya adalah dengan mendukung perbaikan sungai Ciliwung agar dapat memberikan dampak kepada masyarakat secara lingkungan, sosial kemasyarakatan juga secara ekonomi.

Pada kesempatan tersebut juga dilakukan penandatanganan komitmen komunitas untuk menjaga Sungai Ciliwung tetap lestari. Ada 15 komunitas mewakili dari 32 komunitas yang ada. Juga dilakukan penyerahan 3 medali Fun River Run kepada 3 juara, penyerahan bibit pohon dan 7 perahu karet kepada komunitas sungai ciliwung.

Hidayat, Ketua Komunitas Peduli Sungai menyebutkan, upaya-upaya masyarakat dalam menjaga kelestarian Sungai Ciliwung adalah agar dapat mewujudkan sungai yang menjadi tempat kita berwisata, berinteraksi, dan ruang publik bagi kita semua yang berkualitas.

KLHK berkomitmen memperbaiki kualitas Sungai Ciliwung dengan memasang enam alat pantau otomatis dan 60 titik pantau kualitas air manual. KLHK juga telah membangun 53 unit infrastruktur pengolahan air limbah dan mendorong pelibatan masyarakat melalui 37 komunitas di Sungai Ciliwung.

Strategi pengendalian pencemaran air dilakukan dengan penetapan regulasi terkait pengelolaan limbah, pengembangan teknologi hijau, serta pembangunan Infrastruktur Hijau. Pendekatan pentaheliks yang melibatkan pemerintah pusat dan daerah, sektor swasta, media, akademisi, dan masyarakat, sangat penting untuk menjaga keberlanjutan ekosistem sungai. KLHK mengajak semua pihak, termasuk dunia usaha, untuk berkontribusi melalui inisiatif pengelolaan dana CSR.
(maf)
Halaman :
Dapatkan berita terkini dan kejutan menarik dari SINDOnews.com, Klik Disini untuk mendaftarkan diri anda sekarang juga!
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1485 seconds (0.1#10.140)