1 Juni, Musisi Digo DZ: Pancasila Harus Disosialisasikan agar Diterima Semua Generasi

Sabtu, 01 Juni 2024 - 13:32 WIB
loading...
1 Juni, Musisi Digo DZ: Pancasila Harus Disosialisasikan agar Diterima Semua Generasi
Musisi senior Digo DZ menegaskan, Pancasila sebagai dasar negara yang mempunyai nilai-nilai luhur harus terus disosialisasikan ke semua generasi. Foto/istimewa
A A A
JAKARTA - Tanggal 1 Juni diperingati sebagai Hari Lahirnya Pancasila . Lahirnya sebuah ideologi negara Republik Indonesia ini harus disosialisasikan agar mudah diterima semua generasi.

Di momentum hari lahir Pancasila dan menyikapi persoalan di negeri ini, musisi senior Digo DZ menegaskan, Pancasila sebagai dasar negara yang mempunyai nilai-nilai luhur harus terus disosialisasikan ke semua generasi untuk diterapkan di kehidupan yang nyata bukan sekadar wacana angan-angan.

"Ini memang butuh effort yang berkesinambungan tentunya dengan berbagai cara yang mudah diterima oleh semua kalangan," tegas Digo DZ, Sabtu (1/6/2024).



Digo mengaku miris mempunyai nilai luhur akan tetapi menjadi terlupakan dan menimbulkan kesenjangan sosial ekonomi serta berkeadilan. "Betapa mirisnya kita punya nilai luhur tetapi makin ke sini sepertinya terlupakan. Timbulnya kesenjangan sosial ekonomi juga keadilan bisa jadi kehilangan pegangan nilai-nilai luhur Pancasila itu," sebutnya.

Digo menyarankan agar ada upaya yang nyata dari semua elemen bangsa baik itu pemerintah, tokoh-tokoh, dan masyarakat pada umumnya sehingga nilai-nilai Pancasila bukan sekadar wacana.



"Alangkah indahnya kalau itu menjadi kenyataan dan kita harus tetap optimistis untuk terus mengkaji ulang nilai-nilai Pancasila dalam kehidupan bernegara dan berbangsa," ucapnya.

Digo mengaku bersama kawan-kawannya telah membuat album bertemakan Pancasila sejak 2020. Pada momentum peringatan Hari Lahir Pancasila 1 Juni 2024, dirilis video klip nya di Channel YouTube Album Pancasila 2022.

Dikatakannya, album Pancasila 2022 tersebut berawal dari obrolan dengan kawan, untuk memberi "kesibukan" kepada para musisi terlebih pada saat zaman Covid. Sehingga terpaksa "istirahat" dan kolaps karena terlalu lama "tidur".

"Ternyata kawan-kawan musisi adalah seniman yang tajam batinnya. Juga rindu tentang situasi bangsa yang menurut kesadaran dan penyadaran mereka bisa lebih pas, sreg, dan lebih baik lagi karena sejatinya ada Pancasila," sebutnya.

Selanjutnya, lahirlah tujuh syair yang menjadi 7 lagu, yaitu sejarah Pancasila "Pancasila, Mengapa? Sila 1 Hyang Edsa, Sila 2 Beradab, Sila 3 Bersatu, Sila 4 Hikmat dan Bijaksana, Sila 4 Demokrasi Kita dan Sila 5 Adil Sejahtera.

"Terima kasih untuk semua orang dengan peran yang tak bisa disebut satu-satu hingga lagi Album Pancasila 2022, sampai klip-nya dan di upload pada chanel ini. Semoga bermanfaat untuk permenungan bahwa Pancasila harus tetap ada dalam hati setiap manusia Indonesia," tukasnya.
(cip)
Dapatkan berita terkini dan kejutan menarik dari SINDOnews.com, Klik Disini untuk mendaftarkan diri anda sekarang juga!
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.2095 seconds (0.1#10.140)
pixels