Buntut Apel Harlah Pancasila, Kesbangpol Kota Tangerang Digeruduk Massa

Kamis, 06 Juni 2024 - 10:08 WIB
loading...
Buntut Apel Harlah Pancasila, Kesbangpol Kota Tangerang Digeruduk Massa
Massa aksi yang tergabung dalam Aliansi Forum Aktivis Tangerang Raya (Fortang) melakukan demonstrasi di depan Kantor Badan Kesbangpol, Kota Tangerang. Foto/Istimewa
A A A
TANGERANG SELATAN - Massa aksi yang tergabung dalam Aliansi Forum Aktivis Tangerang Raya (Fortang) melakukan demonstrasi di depan Kantor Badan Kesbangpol, Kota Tangerang . Aksi tersebut dilakukan atas kegagalan organisasi perangkat daerah (OPD) tersebut dalam memaknai Hari Lahir (Harlah) Pancasila pada 1 Juni 2024.

Selain gagal dalam memaknai Harlah Pancasila, Badan Kesbangpol dinilai gagal dalam melaksanakan tugas dan fungsinya sebagai OPD yang melakukan pembinaan terhadap masyarakat, di antaranya organisasi masyarakat (Ormas) dan lembaga swadaya masyarakat (LSM) serta organisasi kemasyarakatan pemuda (OKP).



Dalam aksi tersebut, massa demonstrasi dihadang oleh ormas. Namun, massa aksi tetap terus menyuarakan tuntutan dan berhasil memberikan tutuntan tersebut ke Kepala Badan Kesbangpol Kota Tangerang, Teguh Supriyanto di depan kantornya.

Kordinator Lapangan Aksi, Taher mengatakan pihaknya menyuarakan tuntutan atas kegagalan Kaban Kesbangpol Kota Tangerang dalam menjalankan tugas dan fungsinya. Lantaran OPD tersebut, dalam pelaksanaan Upacara Harlah Pancasila dinilai gagal.

"Upacara Pancasila seharusnya ramai dengan ormas, LSM, dan OKP. Tapi yang terlihat dan hadir pada acara tersebut hanya segelintir hadir," jelasnya.

Selain itu pun, pihaknya melihat Kesbangpol Kota Tangerang gagap dalam melakukan peringatan Harlah Pancasila. Sebab, OPD itu melakukan konser yang diundang band papan atas Indonesia.

"Ko Kesbangpol jadi Event Organizer (EO). Bukan melakukan pembinaan terhadap masyarakat atas peringatan Pancasila ini. Malah hanya buat konser yang sebenarnya bukan tugas dan fungsi dari Kesbangpol. Ini bukti Kepala Kaban Kesbangpol tidak becus dalam menjalankan fungsi dan tugasnya," ketusnya.

Diketahui, Harlah Pancasila pada 1 Juni 2024, Badan Kesbangpol Kota Tangerang menggelar upacara di Alun-Alun Kota Tangerang, yang dihadiri hanya sebagian lembaga Organisasi Kemasyarakatan Pemuda (OKP) dan tidak semua Lembaga Swadaya Masyarakat (LSM) atau organisasi masyarakat (Ormas).



Selain upacara itu pun, Badan Kesbangpol menggelar konser di Taman Elektrik, Pusat Pemerintahan Kota Tangerang pada malam 1 Juni 2024, yang tampil Band Netral dan Band lokal yang ada di Kota Tangerang.
(kri)
Dapatkan berita terkini dan kejutan menarik dari SINDOnews.com, Klik Disini untuk mendaftarkan diri anda sekarang juga!
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1721 seconds (0.1#10.140)
pixels