HUT ke-497 Jakarta, Ini Rangkaian Acara di Kampung Betawi Setu Babakan

Sabtu, 22 Juni 2024 - 11:50 WIB
loading...
HUT ke-497 Jakarta, Ini Rangkaian Acara di Kampung Betawi Setu Babakan
Unit Pengelola Kawasan Perkampungan Budaya Betawi Setu Babakan menggelar sejumlah acara untuk memeriahkan HUT ke-497 Jakarta ke-497 yang jatuh pada hari ini, Sabtu (22/6/2024). FOTO/MPI/REFI SANDI
A A A
JAKARTA - Unit Pengelola Kawasan Perkampungan Budaya Betawi Setu Babakan menggelar sejumlah acara untuk memeriahkan HUT ke-497 Jakarta yang jatuh pada hari ini, Sabtu (22/6/2024). Acara dibuka langsung Kepala Bagian Kesejahteraan Sosial Kota Administrasi Jakarta Selatan, Khabib Asyngari mewakili Wali Kota Jakarta Selatan, Munjirin.

Pantauan SINDOnews di lokasi, masyarakat mulai dari anak-anak hingga orang tua serta tamu undangan mulai menghadiri acara 'Gebyar Seni Budaya Setu Babakan'. Acara dipusatkan di Amphiteater Setu Babakan diawali dengan menebar benih ikan, penampilan grup rebana, palang pintu hingga tarian khas Betawi.

Plt Kepala Unit Pengelola Kawasan Perkampungan Budaya Betawi, Rusmantoro mengatakan, terdapat sejumlah acara yang digelar di Setu Babakan. Di antaranya pagelaran musik keroncong, gambang keromong, dan akan ditutup dengan Lenong Betawi.



"Hari ini bertepatan dengan tanggal 22 Juni 2024, Hari Ulang Tahun (HUT) Jakarta kami di UPK Perkampungan Budaya Betawi menyelenggarakan pagelaran kesenian Tradisional Betawi, ini rangkain acara yang akan dimulai pukul 10.00 WIB sampai nanti malam. Ada pagelaran musik keroncong, gambang keromong, nanti malam ditutup dengan Lenong Betawi, tapi akan ada juga pagelaran drama tari musikal persembahan dari Sudin Kebudayaan Jakarta Selatan dengan judul 'Ratu Gelatik Kepak Sayap dari Selatan'," kata Rusmantoro saat ditemui di Setu Babakan, Jagakarsa, Jakarta Selatan, Sabtu (22/6/2024).

Kegiatan diawali dengan menebar 20.000 benih ikan tawes di empang Setu Babakan yang dilakukan oleh Ikatan Alumni Sekolah Pertanian.

Rusmantoro menargetkan ribuan pengunjung menikmati perayaan HUT Jakarta ke-497 di Setu Babakan. Ia memastikan penonton tidak dipungut biaya apapun alias gratis.



"Terbuka untuk umum dan gratis semuanya bisa ditonton semua masyarakat secara gratis. Mudah mudahan bisa ribuan ya yang hadir ya karena itu tadi rangkaiannya panjang dari pagi sampai nanti malam," ucapnya.

Ia berharap dengan adanya kegiatan 'Gebyar Seni Budaya Setu Babakan' masyarakat rapat mengenal dan mencintai kesenian betawi dalam upaya pelestarian.

"Harapannya tentunya kegiatan ini bisa diapresiasi oleh masyarakat dan masyarakat bisa mengenal lagi mencintai seni tradisi terutama tradisi Betawi mudah mudahan ketika mengenal dan mencintai maka seni Betawi bisa lestari," katanya.
(abd)
Dapatkan berita terkini dan kejutan menarik dari SINDOnews.com, Klik Disini untuk mendaftarkan diri anda sekarang juga!
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1023 seconds (0.1#10.140)
pixels