Viral Parkir Liar Patok Tarif Rp25 Ribu di Sekitar JIS, Dishub Bilang Begini

Jum'at, 31 Mei 2024 - 09:53 WIB
loading...
Viral Parkir Liar Patok...
Suku Dishub Kota Jakarta Utara buka suara terkait keluhan netizen soal tarif parkir liar di luar kawasan Jakarta Internasional Stadium (JIS), Tanjung Priok, Jakarta Utara. Foto/SINDOnews
A A A
JAKARTA - Suku Dinas Perhubungan (Dishub) Kota Jakarta Utara buka suara terkait keluhan netizen soal tarif parkir liar di luar kawasan Jakarta Internasional Stadium (JIS) , Tanjung Priok, Jakarta Utara. Tarif parkir dipatok minimal Rp25 ribu untuk kendaraan sepeda motor.

Kasi Operasional Kepala Seksi Pengendalian Operasional Lalu Lintas dan Angkutan Jalan (Kasi Ops LLAJ), Ikhwan Purnama menyebutkan juru parkir liar kerap muncul menawarkan jasa parkir di lokasi-lokasi parkiran non resmi saat ada penyelenggaraan event di JIS.



"Setiap ada konser atau apa acara lain pasti seperti itu, ada warga sekitar yang ingin mencari untung," ujar Ikhwan, Jumat (31/5/2024).

Lebih lanjut, Ikhwan menjelaskan biasanya warga memberikan tarif parkir Rp25.000 setiap ada acara besar di JIS. Tak jarang apabila untuk penyelenggaraan event tertentu bahkan para juru parkir liar tersebut mematok tarif berkisar Rp30-50 ribu.

Ikhwan meminta kepada para pengunjung JIS untuk lebih bijaksana dalam mengambil keputusan memarkirkan kendaraannya oleh juru parkir liar. Pasalnya mereka tidak akan menunggu parkiran sampai selesai.

"Jadi, sangat rawan apabila para pengunjung JIS menaruh motornya di tempat parkir liar tersebut meski sudah membayar mahal," kata dia.

Sudinhub Jakut juga sudah menyediakan dan mensosialisasikan agar setiap penonton kegiatan di JIS dapat memarkirkan kendaraannya di lokasi kantung parkir yang sudah disiapkan pemerintah daerah maupun pengelola JIS.

Hal ini kata dia penting agar tidak membuat jalanan macet ataupun menyuburkan praktik pungutan liar (pungli) dengan tarif parkir liar yang mahal kepada juru parkir liar yang diketahui merupakan oknum warga.

"Kami tadi sudah sosialisasikan dari kemarin dan arahan parkir di kantung parkir resmi yang sudah disediakan di Kemayoran, Ancol, dan Bisma sekitar Mitra Praja agar lebih aman," pungkas Ikhwan.

Sebagaimana diketahui sebelumnya, seorang pria mengeluhkan biaya parkir liar di sekitar Jakarta International Stadium (JIS), Jakarta Utara mencapai Rp25.000 saat acara pertandingan sepak bola Persija lawan PSIS Semarang pada Kamis (30/5/2024) dalam akun media sosialnya.



"Demi Allah, ya, ini JIS, ini situasi parkir di sekitar JIS. Emang stadion JIS support-nya buat kendaraan umum, ya, bukan kendaraan pribadi. Tapi, lo mau tahu enggak yang istimewa apa? Ini parkirannya, ini harga parkirannya Rp25.000, kalah karyawan," ujar pria tersebut dalam akun Tik Tok @mansuuyyy.
(kri)
Dapatkan berita terkini dan kejutan menarik dari SINDOnews.com, Klik Disini untuk mendaftarkan diri anda sekarang juga!
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.3119 seconds (0.1#10.140)