Kenapa Kapolres dan Dandim Jakbar Mengheningkan Cipta di Kota Tua?

Senin, 17 Agustus 2020 - 15:02 WIB
loading...
Kenapa Kapolres dan Dandim Jakbar Mengheningkan Cipta di Kota Tua?
Kapolres Metro Jakarta Barat Kombes Pol Audie Latuheru dan Dandim 0503/JB Kolonel Inf Dadang Ismail mengheningkan cipta di Kota Tua, Tamansari, Jakarta Barat, Senin (17/8/2020). Foto: SINDOnews/Yan Yusuf
A A A
JAKARTA - Mengheningkan cipta digelar pukul 10.17 WIB di Kali Besar, Kota Tua, Tamansari, Jakarta Barat, Senin (17/8/2020). Dalam kegiatan itu, turut hadir Kapolres Metro Jakarta Barat Kombes Pol Audie Latuheru dan Dandim 0503/JB Kolonel Inf Dadang Ismail.

Dipilihnya waktu itu dalam mengheningkan cipta untuk memperingati detik-detik proklamasi Republik Indonesia yang berlangsung 75 tahun silam. Mengheningkan cipta ini berlangsung selama tiga menit hingga pukul 10.20 WIB.

Audie mengatakan, alasan dirinya dan Dandim mengheningkan cipta di Kali Besar lantaran ingin mengajak warga untuk makin meningkatkan nasionalisme. "Kita melihat di Kota Tua sering dikunjungi, artinya melihat bagaimana kerumunan orang,” ujarnya, Senin (17/8/2020). (Baca juga: Ini Pesan Gubernur DKI pada Upacara Peringatan HUT RI di Balai Kota)

Dia berharap dengan kegiatan ini, khususnya di momentum detik-detik proklamasi, masyarakat Jakarta Barat dapat benar-benar merdeka dari keadaan apatis terhadap nasionalismenya sehingga rasa nasionalisme akan bangkit.

Dalam kesempatan itu, Audie dan Dadang juga memberikan bingkisan sembako kepada warga yang bisa menjawab pertanyaan seputar kemerdekaan dan Pancasila.

"Kita ingin mengetahui sejauhmana pemahaman masyarakat tentang Pancasila, kemudian hari ulang tahun negaranya. Kita juga bisa melihat sejauhmana rasa nasionalisme, rasa cinta tanah air, kebanggaan terhadap negaranya," ujar Dadang.
(Baca juga: Aksi Heroik Mapala UI Kibarkan Merah Putih di Berbagai Tempat)
(jon)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1365 seconds (0.1#10.140)