Ini Pesan Gubernur DKI pada Upacara Peringatan HUT RI di Balai Kota

Senin, 17 Agustus 2020 - 09:16 WIB
loading...
Ini Pesan Gubernur DKI pada Upacara Peringatan HUT RI di Balai Kota
Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan. Foto: Dok SINDOnews
A A A
JAKARTA - Pemprov DKI Jakarta memperingati HUT RI yang ke-75 dengan menggelar upacara di halaman Balai Kota DKI, Senin (17/8/2020). Upacara di tengah pandemi, Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan mengingatkan bahwa masyarakat terdampak Covid-19 harus mendapatkan perlindungan dan bantuan.

Anies mengatakan, 75 tahun Indonesia Merdeka adalah kesempatan kembali mencatatkan sejarah. Saat di mana cobaan besar datang kepada umat manusia di seluruh dunia, tak terkecuali di Indonesia dan di Ibu Kota.

Saat di mana menghadapi musuh yang tak terlihat, yang tak membedakan siapa yang diserangnya, yang mampu berlipat ganda dan menyebar ke setiap penjuru Nusantara. Saat di mana, setelah 100 tahun lamanya, pandemi, wabah, pagebluk, kembali menjadi ujian bagi negara. (Baca juga: Aksi Heroik Mapala UI Kibarkan Merah Putih di Berbagai Tempat)

"Adalah saat di mana kepahlawanan kembali bermunculan di sekitar kita. Saat di mana kita saksikan, ribuan dokter, perawat, seluruh tenaga kesehatan, tanpa ragu meletakkan dirinya sebagai benteng pertahanan terakhir melawan pandemi. Sebagian tinggalkan keluarganya untuk selamanya, gugur dalam perjuangannya menyelamatkan saudara- saudara sebangsa. Allah syahidkan mereka, insyaallah," ujar Anies dalam pidato HUT Ke-75 RI melalui video YouTube Pemprov DKI Jakarta, Senin (17/8/2020).


Perjuangan saat ini adalah perjuangan kebersamaan. Ribuan petugas di lapangan memastikan mereka yang terdampak wabah akan mendapat bantuan, memastikan layanan masyarakat tetap bisa berjalan. Guru-guru terus menyemangati dan menginspirasi siswa dari kejauhan, para pengusaha kecil menengah berusaha bertahan demi terus memberi penghidupan pada karyawan, para ilmuwan bekerja mencari solusi hadapi wabah dan memberikan panduan bagi para pengambil kebijakan, para aparat kepolisian dan tentara memastikan hadirnya rasa aman.

75 tahun Indonesia Merdeka adalah saat krusial bagi semua untuk melakukan langkah-langkah yang penting dan benar dalam mengatasi tantangan, serta mengesampingkan hal-hal yang dapat mengganggu keberhasilan perjuangan.

"Inilah saatnya kita mengutamakan keselamatan dan kewaspadaan, memanfaatkan ilmu pengetahuan dan bukannya percaya pada kabar bualan. Inilah saatnya kita sadar bahwa setiap tindakan kita dapat mempengaruhi keselamatan bersama. Inilah saatnya kita bersatu, saling menjaga, saling mengingatkan, serta saling menguatkan. Dan inilah saatnya kita ingat bahwa tanggung jawab manusia adalah berikhtiar sekuat tenaga, lalu bermunajat kepada Allah SWT agar mengunci ikhtiar kita dengan takdir-Nya," ungkap Anies. (Baca juga: Mengemban Tugas Berat, 7 Bintang Jempolan Ini Didapuk Perankan Tokoh Bangsa)

Dia mengajak semua merenungkan apa yang bisa dikenang di masa depan. Kelak, saat mengingat kembali momen ini bersama anak dan cucu, apakah semua akan terpaksa menyembunyikan cerita bahwa tak ikut menjaga sesama karena abai pada protokol kesehatan. Atau semua akan mampu bertutur dengan bangga pada anak cucu kelak, bahwa semua adalah bagian dari yang ikut bertabah dan berjuang melawan wabah, dalam kapasitas dan peran yang dijalani sekarang.

"Khusus kepada seluruh jajaran Pemerintah Provinsi DKI Jakarta saya ingatkan, lindungi warga dengan segala daya upaya serta doakan keselamatan bagi mereka. Jadikan tugas dan tantangan ini sebagai lahan ibadah. Insyaallah kita akan mampu melewati tantangan hari ini dan bangkit menjadi bangsa yang lebih kuat dan semakin berjaya dalam berabad ke depan," katanya.

Upacara HUT RI ini dijalankan dengan protokol kesehatan. Jumlah peserta yang hadir dibatasi dan memakai masker selama berjalannya upacara mulai pukul 07.00 - 07.28 WIB.
(jon)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.2672 seconds (0.1#10.140)