Sang Saka Merah Putih Berkibar di Titik Nol Ciliwung

Senin, 17 Agustus 2020 - 10:04 WIB
loading...
Sang Saka Merah Putih...
Bendera merah putih sepanjang 100 meter dengan lebar 4 meter dibentangkan di Situ Telaga Saat, Desa Tugu Utara, Cisarua, Kabupaten Bogor, Minggu (16/8/2020). Foto: Ist
A A A
BOGOR - Bendera merah putih sepanjang 100 meter dengan lebar 4 meter dibentangkan di Situ Telaga Saat, Desa Tugu Utara, Kecamatan Cisarua, Kabupaten Bogor, Minggu (16/8/2020).

Pengibaran bendera dilakukan Komando Pasukan Khusus (Kopassus) Batalyon 14/Bhadrika Sena Baladika bersama relawan pecinta alam yang pernah membersihkan kawasan konservasi ini beberapa tahun lalu. (Baca juga: Ini Pesan Gubernur DKI pada Upacara Peringatan HUT RI di Balai Kota)

Wakil Komandan Jenderal Kopassus Brigjen TNI M Hassan mengungkapkan, pengibaran bendera ini sebagai peringatan Hari Kemerdekaan Indonesia ke-75 sekaligus mempromosikan kilometer nol Sungai Ciliwung.

"Temanya kan Merah Putih Telaga Saat Untuk Indonesia Jaya. Artinya, Indonesia akan meraih kejayaannya pada Hari Kemerdekaan ke-75 ini," ujar M Hassan seperti dikutip bogorkab.go.id, Minggu (16/8/2020).

Pria yang pernah menjabat Danrem 061/Suryakancana ini menginisiasi pembersihan Hulu Sungai Ciliwung pada awal 2019, yang juga menjadi habitat Elang Jawa ini. (Baca juga: Perempuan Indonesia Maju GK Ladies Bagikan Bendera Merah Putih)

"Dulu sempat tidak terawat. Banyak gulma. Hanya 20 persen air yang terlihat, tapi sekarang sudah bersih dan bisa menjadi destinasi wisata yang indah," katanya.

Dia berharap bersihnya Telaga Saat bisa dijaga dan dimanfaatkan oleh masyarakat sekitar maupun Pemkab Bogor yang memiliki moto Bogor Sport and Tourism. "Cocok dengan slogan tersebut. Jadi, saya pesan kawasan ini dijaga dengan baik. Jangan sampai telantar lagi seperti dulu," ucap M Hassan.
(jon)
Dapatkan berita terkini dan kejutan menarik dari SINDOnews.com, Klik Disini untuk mendaftarkan diri anda sekarang juga!
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1632 seconds (0.1#10.140)