Ratusan Pelajar Berkumpul di Sarinah Saksikan Kirab Bendera Merah Putih dari Jakarta ke IKN

Sabtu, 10 Agustus 2024 - 07:56 WIB
loading...
Ratusan Pelajar Berkumpul...
Kirab Bendera Merah Putih dan Teks Proklamasi bakal dilakukan dari Monumen Nasional (Monas), Jakarta, menuju Ibu Kota Nusantara (IKN) pada Sabtu (10/8/2024). Foto/SINDOnews
A A A
JAKARTA - Kirab Bendera Merah Putih dan Teks Proklamasi bakal dilakukan dari Monumen Nasional (Monas), Jakarta, menuju Ibu Kota Nusantara (IKN) pada Sabtu (10/8/2024). Para pelajar dari berbagai kawasan di Jakarta pun mulai berkumpul untuk menyaksikannya.

Dari pantauan SINDOnews di lokasi, salah satu titik kumpul para pelajar itu adalah di persimpangan Sarinah, Jakarta Pusat. Mereka sudah mulai berdatangan sejak pukul 06.20 WIB untuk melihat kirab yang akan dibawa dari kawasan Monas menuju Bandara Halim Perdanakusuma.

Baca juga: Catat! Begini Rekayasa Lalin saat Kirab Bendera Pusaka di Jakarta Hari Ini

Terpantau sekira ratusan pelajar dari beberapa Sekolah Menengah Pertama (SMP) di Jakarta sudah memadati kawasan Sarinah. Mereka tampak antusias untuk menyaksikan kirab Bendera Merah Putih dan Teks Proklamasi yang untuk kali pertama bakal dilakukan dari Jakarta ke IKN.

Mereka terlihat memakai seragam berwarna merah putih. Berbagai atribut seperti bendera kecil dan terompet pun mereka bawa untuk membuat suasana semakin meriah.

Salah satu sekolah yang sudah lengkap membawa pasukannya adalah SMPN 1 Jakarta. Sebanyak 24 murid dan 1 guru ditugaskan untuk meramaikan acara kirab ini.

"Ya anak-anak cukup antusias ya mengikuti kirab ini. Mereka adalah anggota Paskibra dari sekolah kami," kata Hermansyah, Guru SMP 1 Jakarta.

"Kami antusias sekali mengikuti ini. Apalagi ini kan baru pertama kali dalam sejarah kirab bendera dilakukan dari Jakarta ke IKN," ujar Murid SMPN 1 Jakarta, Shaqila dan Khansa.

Sejauh ini lalu lintas di kawasan Sarinah terpantau masih lancar. Belum ada pengamanan dan pengalihan arus lalu lintas hingga pukul 07.45 WIB.

Jika tahun-tahun sebelumnya, Bendera Merah Putih dan Teks proklamasi dibawa dari Monas langsung ke Istana Merdeka, maka tahun ini prosesi kirabnya menjadi lebih panjang. Dari Monas, iring-iringan tersebut akan menuju Jalan Thamrin, Bundaran HI, Jalan Gatot Subroto, Cawang, hingga Bandara Halim Perdanakusuma lalu diterbangkan ke IKN menggunakan pesawat Boeing TNI AU.
Halaman :
Dapatkan berita terkini dan kejutan menarik dari SINDOnews.com, Klik Disini untuk mendaftarkan diri anda sekarang juga!
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1642 seconds (0.1#10.140)