Heru Budi: Pembangunan Rusun untuk Warga Kampung Bayam di Tanjung Priok Mulai 2025

Rabu, 24 Januari 2024 - 16:43 WIB
loading...
Heru Budi: Pembangunan Rusun untuk Warga Kampung Bayam di Tanjung Priok Mulai 2025
Penjabat (Pj) Gubernur DKI Jakarta Heru Budi Hartono menyebut rencana pembangunan rusun baru untuk warga Kampung Bayam di Tanjung Priok, Jakarta Utara dimulai pada 2025. Foto/MPI
A A A
JAKARTA - Penjabat (Pj) Gubernur DKI Jakarta Heru Budi Hartono menyebut rencana pembangunan rumah susun (Rusun) baru untuk warga Kampung Bayam di Kecamatan Tanjung Priok, Jakarta Utara dimulai pada 2025.

Pembangunan rusun tersebut untuk memfasilitasi polemik warga Kampung Bayam yang memaksa menempati Rusun Hunian Pekerja Pendukung Operasional (HPPO) Jakarta International Stadium (JIS).

"Catatannya di situ, saya memberikan yang terbaik buat warga, maka saya harus berpikir. Tidak bisa sembarang. 2025 kita akan bangun itu di sekitar wilayah Tanjung Priok dan saya sudah mendengarkan keluhan ya, mungkin di Nagrak jauh. Nah, kalau ditanya waktunya masih satu tahun, iya. Mohon sabar, kita bangun yang terbaik," ujar Heru Budi, seusai meninjau program sembako murah di Kantor Kelurahan Mampang Prapatan, Jakarta Selatan, Rabu (24/1/2024).



Heru menegaskan sebagai Pj Gubernur DKI dirinya tidak pernah mengabaikan dan berjanji akan memberikan yang terbaik bagi warga eks Kampung Bayam yang huniannya dekat rel kereta diratakan dengan tanah karena adanya proyek pembangunan stadion JIS.

"Kenapa? Kalau di rumah susun fasilitasnya sangat cukup ya, ada posyandu, ada tempat bermain, kita bisa kontrol kesehatannya, ada sekolah, anak-anak sekolah bisa terintegrasi, air bersih terjangkau, listrik, wifi gratis, listrik terjangkau ya," papar Heru Bagi warga Kampung Bayam, kata Heru, dapat menempati Rusunawa Nagrak ataupun Rusunawa Pasar Rumput sembari menunggu Rusun Tanjung Priok selesai dibangun.



"Semua fasilitas cukup tinggal warga silakan memilih, sambil menunggu ini, silakan warga memilih tempat yang sangat baik ya itu di Nagrak mungkin juga di Pasar Rumput nanti datanya ada di Pak Wali silakan nanti kalau sudah jadi mudah-mudahan di Januari 2025 kita jalan di akhir tahun kita sudah selesai," pungkasnya.

Sebagaimana diketahui sebelumnya, puluhan warga eks Kampung Bayam memaksa masuk dari pelataran ke dalam Kampung Susun Bayam (KSB) Jakarta Utara pada akhir November 2023 lalu.

Puluhan warga tersebut mengatasnamakan Kelompok Tani Kampung Bayam Madani itu mulai memasuki hunian KSB pada akhir November 2023. KSB disebut oleh manajemen PT Jakarta Propertindo sebagai Rusun HPPO Jakarta International Stadium (JIS).

Sedangkan salah satu janji politik mantan Gubernur DKI Jakarta yang saat ini Calon Presiden Nomor Urut 1 dalam Pemilihan Umum (Pemilu) 2024 Anies Baswedan kepada warga Kampung Bayam saat proses penyelesaian pembangunan JIS adalah memberikan tempat tinggal layak huni yakni dengan membangun Kampung Susun Bayam. [Carlos Roy Fajarta]
(cip)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1278 seconds (0.1#10.140)