Mengapa Buah Belimbing Menjadi Ikon Kota Depok? Ini Alasannya

Selasa, 05 Desember 2023 - 14:55 WIB
loading...
Mengapa Buah Belimbing Menjadi Ikon Kota Depok? Ini Alasannya
Kota Depok memiliki julukan Kota Belimbing. Foto/depok.go.id
A A A
JAKARTA - Kota Depok merupakan sebuah kota di Jawa Barat, Indonesia. Terletak di sebelah selatan Jakarta, Depok merupakan salah satu kota yang berkembang pesat dalam beberapa tahun terakhir.

Kota ini memiliki beragam fasilitas, universitas, dan perkembangan infrastruktur yang memadai. Kota yang dihuni 1,9 juta jiwa ini terbentuk pada tahun 1999 menurut UU Nomor 15 Tahun 1999.



Dikenal dengan berbagai keunikannya, Kota Depok pun dijuluki sebagai Kota Belimbing. Lantas, mengapa buah belimbing menjadi ikon Kota Depok? Simak ulasannya berikut ini.

Mengapa Buah Belimbing Menjadi Ikon Kota Depok?


Perlu diketahui bahwa produk pertanian yang cukup potensial di Kota Depok adalah buah belimbing. Hal tersebut yang membuat Kota Depok dijuluki sebagai Kota Belimbing.

Buah belimbing adalah buah tropis yang memiliki bentuk seperti bintang ketika dipotong melintang. Buah ini juga dikenal dengan nama bintang atau star fruit dalam bahasa Inggris.



Belimbing biasanya memiliki rasa yang sedikit asam dan manis, tergantung pada varietasnya. Buah ini kaya akan vitamin C, serat, dan antioksidan, serta dapat dimakan langsung atau diolah menjadi jus, salad, atau tambahan dalam masakan.

Belimbing Depok yang dikenal dengan Belimbing Dewa ini merupakan buah hasil karya petani penangkar Depok bernama H.Usman Mubin.

Belimbing Depok yang besar dapat mencapai 0,8 kg per buah. Rasa manisnya ditengarai sebagai obat herbal penurun darah tinggi/hipertensi, kencing manis, nyeri lambung, dan sebagainya.
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1382 seconds (0.1#10.140)