Dampingi Aiman Witjaksono, Ini 2 Hal yang Disiapkan Tim Hukum TPN Ganjar-Mahfud

Kamis, 30 November 2023 - 21:18 WIB
loading...
Dampingi Aiman Witjaksono, Ini 2 Hal yang Disiapkan Tim Hukum TPN Ganjar-Mahfud
Tim Hukum TPN Ganjar Pranowo-Mahfud MD menyiapkan dua hal untuk melakukan pendampingan terhadap juru bicara TPN Ganjar Pranowo-Mahfud MD, Aiman Witjaksono. Foto: MPI/Wahyu Sibarani
A A A
JAKARTA - Tim Hukum TPN Ganjar Pranowo-Mahfud MD menyiapkan dua hal untuk melakukan pendampingan terhadap juru bicara TPN Ganjar Pranowo-Mahfud MD, Aiman Witjaksono.

Aiman Witjaksono yang juga jurnalis nonaktif itu tengah dilaporkan ke Polda Metro Jaya terkait pernyataannya yang menyebut pihak kepolisian tidak berlaku netral dalam Pemilu 2024.

Wakil Direktur Hukum TPN Ganjar Pranowo-Mahfud MD Heru Muzaki mengatakan, kedua persiapan tersebut merupakan proses administratif.



Pertama, mereka harus terlebih dulu melengkapi dokumen-dokumen yang diperlukan agar proses pendampingan bisa berjalan dengan baik. Terutama saat Aiman Witjaksono melakukan klarifikasi di Polda Metro Jaya.

Kedua, proses pendataan penasihat hukum yang akan mendampingi Aiman Witjaksono. Menurutnya peristiwa yang terjadi pada Aiman Witjaksono justru menimbulkan kegelisahan bagi para pengacara atau penasehat hukum yang ada di Indonesia.

Tidak main-main diperkirakan jumlah pengacara yang siap membela Aiman Witjaksono mencapai 1.000 orang. Kata Heru Muzaki, dari situ diperlukan proses administrasi agar semuanya terdata dengan lengkap.


"Saat ini kami tengah mengompilasi data beberapa relawan dan advokat terbaik yang bersedia mendampingi Mas Aiman," jelasnya.

Lebih lanjut dia mengatakan kekecewaan atas laporan yang diarahkan ke Aiman Witjaksono bukan hanya dirasakan oleh Tim Hukumm TPN Ganjar Pranowo-Mahfud MD dan berbagai pengacara. Kalangan masyarakat sipil juga prihatin atas tindakan pelaporan tersebut.

"Mereka sepakat ini merupakan suatu bentuk pembatasan kebebasan bicara," jelasnya.

Meski kontroversi, Heru Muzaki mengatakan Aiman Witjaksono dan Tim Hukum TPN Ganjar Pranowo-Mahfud MD akan koperatif memenuhi panggilan klarifikasi dari pihak kepolisian. Hanya saja mereka merasa perlu untuk lebih dulu melengkapi dua hal tadi.

"Kami belum bisa pastikan apakah akan hadir besok.Yang pasti kami akan koperatif dan untuk hadir hanya masalah timing saja," jelasnya.

Diketahui panggilan pihak kepolisian seyogyanya akan dilakukan Jumat (1/12/2023) besok di Polda Metro Jaya. Aiman Witjaksono diketahui dilaporkan oleh enam orang ke Polda Metro Jaya dari berbagai elemen masyarakat pada Senin (13/11/2023) sore.
(thm)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1681 seconds (0.1#10.140)