Jalan Desa Susukan di Perum Pesona Citayam Ambles, Warga Desak Perbaikan

Kamis, 16 November 2023 - 08:46 WIB
loading...
Jalan Desa Susukan di Perum Pesona Citayam Ambles, Warga Desak Perbaikan
Ketua RT 01/RW 10 Desa Susukan, Bojonggede, Kabupaten Bogor, Anggit Tiantoro mengecek jalan ambles setelah diguyur hujan deras, Kamis (16/11/2023). FOTO/SINDOnews/ABDUL MALIK MUBAROK
A A A
BOGOR - Ruas jalan penghubung wilayah di Perumahan Pesona Citayam RT 01/RW 10, Desa Susukan, Kecamatan Bojonggede, Kabupaten Bogor , Jawa Barat ambles dan membahayakan penggunakan jalan yang melintas. Warga mendesak pemerintah desa atau pemerintah di level lebih tinggi segera memperbaiki jalanambles tersebut.

Jalan ambles diketahui terjadi kurang lebih sejak sebulan terakhir. Tanah di samping kali kecil yang melintang jalan ambles, sehingga membuat jalan cor menggantung. Karena terus dilalui kendaraan, ruas jalan akhirnya ambrol dan berlubang.

Masyarakat secara swadaya mencoba menutup lubang dan mengisi bagian bawah jalan dengan puing agar tetap bisa dilewati kendaraan sementara. Namun dari waktu ke waktu, tanah terus turun, sehingga kondisi jalan tetap mengkhawatirkan jika dilintasi.

Jalan Desa Susukan di Perum Pesona Citayam Ambles, Warga Desak Perbaikan

Ruas jalan penghubung wilayah yang ambles di Perum Pesona Citayam, RW 10, Desa Susukan, Bojonggede, Kabupaten Bogor, Jawa Barat, Kamis (16/11/2023). FOTO/SINDOnews/ABDUL MALIK MUBAROK

Hujan yang mulai rutin turun membuat kondisi jalan semakin parah. Fondasi pinggir jalan sebagai pemisah dengan drainase ambruk setelah diguyur hujan deras pada Rabu (15/11/2203) malam. Akibatnya, tanah di bawah jalan cor ambles semakin panjang hingga 15 meter.

Hal ini menyebabkan jalan cor tidak memiliki fondasi yang kokoh, sehingga rawan ambrol. Jika tak segera diperbaiki dikhawatirkan jalan penghubung wilayah di Desa Susukan itu ambrol dan akses lalu lintas benar-benar terputus.

Ketua RT 01/RW 10 Desa Susukan, Anggit Tiantoro mengatakan, pihaknya bersama pengurus RT lain di RW 10 telah melaporkan kerusakan jalan di Perum Pesona Citayam yang telah terjadi sejak sebulan terakhir. Namun hingga saat ini belum ada tindakan berarti dari pihak desa.

"Kita sudah informasikan kepada pemerintah desa, kebetulan Pak Irfan (Kepala Desa Susukan) juga sudah mengetahui," kata Anggit kepada SINDOnews, Kamis (16/11/2023).



Anggit berharap jalan ambles segera diperbaiki karena akses jalan ini tidak hanya digunakan oleh warga Perum Pesona Citayam tapi juga warga lain untuk menuju Susukan atau Duren Baru.
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1256 seconds (0.1#10.140)