Idris Ungkap Biang Kerok Banjir dan Longsor yang Mengepung Depok

Senin, 06 November 2023 - 07:09 WIB
loading...
Idris Ungkap Biang Kerok Banjir dan Longsor yang Mengepung Depok
Sejumlah wilayah di Kota Depok dikepung banjir hingga tanah longsor akibat hujan deras yang melanda pada Sabtu (4/11/2023) lalu. Foto: Antara
A A A
DEPOK - Sejumlah wilayah di Kota Depok dikepung banjir hingga tanah longsor akibat hujan deras yang melanda pada Sabtu (4/11/2023) lalu. Biang kerok dari banjir dan longsor itu adalah sampah.

Wali Kota Depok Mohammad Idris mengatakan, penyebab banjir dan longsor yang terjadi di wilayahnya didominasi oleh sampah yang menyangkut di gorong-gorong.



"Mungkin lengah saat musim panas kemarin, sehingga mengakibatkan penumpukan sampah. Terutama di aliran kali, ada kasur, batang pohon hingga styrofoam. Ini bukan bencana, tetapi sampah ini sengaja dibuang, sehingga kita juga harus introspeksi diri," ujar Idris, Senin (6/11/2023).

Idris menyebutkan, penanganan banjir harus dilakukan terintegrasi dari hulu sampai hilir agar peristiwa seperti ini tidak terjadi lagi.

Diketahui, sejumlah wilayah di Kota Depok dikepung banjir imbas hujan deras yang mengguyur pada Sabtu (4/11/2023) malam hingga Minggu (5/11/2023) dini hari.


Kepala Dinas PUPR Kota Depok Citra Indah Yulianty juga menyebutkan banjir ini akibat sampah dan debit air yang tinggi. Citra mengatakan setidaknya lima wilayah perumahan di Kota Depok terendam banjir imbas hujan deras itu.

Kata Citra, pihaknya telah berupaya membersihkan saluran hingga mengeruk embung. Tak hanya itu, pembuatan sumur resapan juga dilakukan di sejumlah titik.
(thm)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1913 seconds (0.1#10.140)