Hari Ini Firli Bahuri Diperiksa di Polda Metro Jaya terkait Dugaan Pemerasan Syahrul Yasin Limpo

Jum'at, 20 Oktober 2023 - 06:52 WIB
loading...
Hari Ini Firli Bahuri Diperiksa di Polda Metro Jaya terkait Dugaan Pemerasan Syahrul Yasin Limpo
Ketua Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) Firli Bahuri akan diperiksa di Polda Metro Jaya, hari ini Jumat (20/10/2023). Foto: Dok MPI
A A A
JAKARTA - Ketua Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) Firli Bahuri akan diperiksa di Polda Metro Jaya, hari ini Jumat (20/10/2023). Firli diperiksa terkait kasus dugaan pemerasan terhadap mantan Menteri Pertanian (Mentan) Syahrul Yasin Limpo (SYL) .

“Agenda pemeriksaan tunggal hari ini terhadap Ketua KPK di ruang riksa Subdit Tipidkor Ditreskrimsus Polda Metro Jaya,” ujar Direskrimsus Polda Metro Jaya Kombes Pol Ade Safri Simanjuntak, Jumat (20/10/2023).

Penyidik belum mendapatkan konfirmasi dari pihak Firli Bahuri apakah yang bersangkutan dipastikan hadir atau tidak. Dia hanya memastikan telah melayangkan surat panggilan untuk dimintai keterangan terhadap Firli.



Menurut Ade, Firli diperiksa dalam kapasitasnya sebagai saksi atas kasus dugaan pemerasan SYL. Dalam kasus ini penyidik juga telah memeriksa belasan saksi, salah satunya ajudan Firli bernama Kevin Egananta.

Penyidik telah menaikkan status kasus dugaan pemerasan yang dilakukan pimpinan KPK. Sementara, SYL juga terseret kasus dugaan korupsi penempatan pegawai Kementan yang kini sedang diusut KPK. SYL telah mengundurkan diri dari jabatan Mentan.

Sementara, Firli menegaskan pertemuan dengan SYL di GOR bulu tangkis Mangga Besar, Jakarta Barat sebelum kasus dugaan korupsi di Kementan terjadi. Pertemuan dilakukan pada Maret 2022 lalu. Bahkan, pertemuan dengan SYL tidak dilakukan empat mata melanikan beramai-ramai dan di tempat terbuka.

"Pertemuan di lapangan bulu tangkis antara saya dengan Menteri Pertanian saat itu saudara Syahrul Yasin Limpo terjadi sebelum periode tersebut tepatnya 2 Maret 2022. Dan itu pun beramai-ramai di tempat terbuka," ujar Firli.
(jon)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1485 seconds (0.1#10.140)