Kasus Dugaan Pemerasan Pimpinan KPK ke Syahrul Yasin Limpo, 11 Orang Diperiksa

Kamis, 12 Oktober 2023 - 07:53 WIB
loading...
Kasus Dugaan Pemerasan Pimpinan KPK ke Syahrul Yasin Limpo, 11 Orang Diperiksa
Polda Metro Jaya telah memeriksa 11 orang dalam kasus dugaan pemerasan eks Menteri Pertanian Syahrul Yasin Limpo (SYL) oleh pimpinan KPK naik ke penyidikan. Foto/MNC Media
A A A
JAKARTA - Polda Metro Jaya telah memeriksa 11 orang dalam kasus dugaan pemerasan eks Menteri Pertanian Syahrul Yasin Limpo (SYL) oleh pimpinan Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) naik ke penyidikan.

"Total sudah ada 11 orang saksi yang sudah diperiksa di tahapan penyidikan," kata Direktur Reserse Kriminal Khusus Polda Metro Jaya Kombes Pol Ade Safri Simanjuntak saat dikonfirmasi, Kamis (12/10/2023).

Lebih lanjut Ade mengatakan, dari 11 orang yang telah diperiksa salah satu di antaranya telah diperiksa dua kali. Meski demikian dia tidak menjelaskan secara detail siapa saja yang diperiksa tersebut.

"Salah satunya sudah dilakukan dua kali periksa," jelasnya.



Sebelumnya, penyidik telah menaikkan status kasus tersebut dari penyelidikqn menjadi pentidikan. Dengan dinaikkannta status penyidikan dalam kasus tersebut, polisi memastikan adanya dugaan tindak pidana dalam peristiwa tersebut.

Terbaru, Kapolrestabes Semarang, Kombes Pol Irwan Anwar menjadi salah satu saksi yang diperiksa dalam kasus tersebut. Dia menjalani pemeriksaan selama kurang lebih tujuh jam di Polda Metro Jaya.

"Sudah selesai mas sekira pukul 22.30 WIB. Pemeriksaan sekitar 7 jam beliau diperiksa dalam kapasitas sebagai saksi," kata Direktur Reserse Kriminal Khusus Polda Metro Jaya Kombes Pol Ade Safri Simanjuntak kepada wartawan, Rabu (12/10/2023).

Lebih lanjut Ade menjelaskan, pemeriksaan terhadap Irwan Anwar untuk mendalami atas dugaan tindak pidana korupsi yang melibatkan petinggi KPK.

"Materi pemeriksaan terhadap yang bersangkutan pastinya seputar peristiwa dugaan tindak pidana korupsi yang terjadi yang saat ini sedang ditangani oleh Tim Penyidik Subdit Tipikor Ditreskrimsus Polda Metro Jaya," tambahnya.

Dalam kasus ini mantan Menteri Pertanian yang juga politikus Partai NasDem Syahrul Yasin Limpo juga telah tiga kali dilakukan pemeriksaan.

"Termasuk salah satunya Menteri Pertanian RI. Di mana beliau telah dimintai keterangan untuk klarifikasi sebanyak tiga kali. Hari ini yang ketiga kalinya beliau dimintai klarifikasi," kata Ade Safri, Kamis (5/10/2023).
(maf)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1586 seconds (0.1#10.140)