PAMA Fire and Rescue Challenge 2023 di Bogor Asah Kompetensi Hadapi Situasi Darurat

Rabu, 04 Oktober 2023 - 19:55 WIB
loading...
PAMA Fire and Rescue Challenge 2023 di Bogor Asah Kompetensi Hadapi Situasi Darurat
Kompetisi PAMA Fire and Rescue Challenge (PFRC) ke-8 tahun 2023 digelar di PAMA CCOS Integrated Development Center, Kawasan Industri Menara Permai, Cileungsi, Kabupaten Bogor. Foto: Ist
A A A
BOGOR - Kompetisi PAMAFire and Rescue Challenge (PFRC) ke-8 tahun 2023 digelar di PAMA CCOS Integrated Development Center, Kawasan Industri Menara Permai, Cileungsi, Kabupaten Bogor . Kompetisi diikuti tim fire and rescue PAMA Group dari site untuk mengasah semangat sekaligus kompetensi dalam menghadapi situasi darurat di berbagai lokasi.

Kompetisi yang diselenggarakan PT Pamapersada Nusantara diikuti 3 tim berjumlah 20 peserta yang dipimpin Emergency Response Team (ERT) wanita yang mendapat skenario keadaan darurat dan harus bisa menanganinya dalam waktu tertentu.



Para peserta dinilai berdasarkan kecepatan dan ketepatan teknik dalam penanganan kondisi darurat. Bila ada yang melakukan penanganan dengan teknik kurang tepat atau bahkan salah, dewan penilai akan memberi tahu sekaligus mengajarkan cara yang benar.

Kegiatan ini merupakan bagian dari program sustainability atau ESG yang dicanangkan perusahaan dalam menyasar target Kesehatan dan Keselamatan Kerja (K3) karyawan. Kegiatan PFRC 2023 berlangsung selama sepekan mulai 1-7 Oktober 2023.

Ketua Umum Perhimpunan Tanggap Darurat Pertambangan Indonesia Sri Raharjo mengatakan, dalam pembukaan PFRC 2023 energi semangat dari para peserta sangat terasa. Challenge seperti ini selain menjadi ajang silaturahmi juga menjadi sarana mengukur kemampuan peserta dalam kesiapsiagaannya menghadapi dan menangani bencana yang sewaktu-waktu datang.

“Saya yakin karena PAMA ini salah satu perusahaan yang berkomitmen terhadap keselamatan. Jadi sangat baik dan perlu didukung serta mudah-mudahan terus berlangsung dari tahun ke tahun dengan lebih baik,” ujarnya, Rabu (4/10/2023).

Kepala Inspektur Tambang Sunindyo Suryo Herdadi menambahkan animo peserta PFRC 2023 terjadi peningkatan dan keseriusan PAMA untuk selalu mempersiapkan regenerasi tim ERT di internal PAMA dan level nasional.

“Tim ERT ini bisa selalu siap siaga jika terjadi bencana di mana pun dan kapan pun,“ ucapnya usai meresmikan venue compartment fire behaviour facility PAMA.

Terkait kompartemen baru satu-satunya di swasta yang hanya ada di PAMA, Direktur PAMA Ari Sutrisno menuturkan dibangunnya fasilitas tersebut karena terinspirasi saat melaksanakan latihan di Curug, Tangerang yang akhirnya dibangun di PAMA Cileungsi sebagai sarana latihan mengenal bagaimana cara menjinakkan api.

“Kita pengen tahu persis api itu cara mengendalikannya seperti apa dan pasnya tim ERT masuk, bagaimana caranya memadamkan. Nah, ini belajar. Tahun depan akan dilombakan,” katanya.
(jon)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1726 seconds (0.1#10.140)