Wilayah Andara Masuk Depok atau Jakarta Selatan? Simak Penjelasannya

Sabtu, 23 September 2023 - 12:08 WIB
loading...
Wilayah Andara Masuk Depok atau Jakarta Selatan? Simak Penjelasannya
Wilayah Andara masuk Depok atau Jakarta Selatan? Foto/YouTube INFO IND
A A A
JAKARTA - Wilayah Andara sempat menjadi pusat perhatian beberapa waktu lalu. Banyak orang yang masih bingung terkait letak wilayah tersebut, apakah masuk Depok atau Jakarta Selatan ?

Sebagian orang mungkin mengenal wilayah Andara sebagai kompleks perumahan artis Raffi Ahmad. Bahkan, dirinya sempat dijuluki Sultan Andara pada saat itu. Hal tersebut membuat lokasi Andara dipandang sebagai kawasan tersohor.



Bila melihat dari Google Maps, ada garis putus-putus yang membatasi kawasan perumahan Andara Green Residence. Sebelah kiri Jawa Barat, dan kanan adalah wilayah Jakarta. Lalu, di mana letak wilayah Andara?

Penjelasan Wilayah Andara


Meskipun dikenal sebagai kawasan populer di Jakarta Selatan, rupanya Andara masih masuk dalam Provinsi Jawa Barat. Lebih tepatnya di Depok, bukan Jakarta.

Penjelasan tentang Andara masih masuk wilayah Depok ini sempat diungkapkan oleh Raffi Ahmad ketika Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil mengunjungi rumahnya. Momen itu diunggah dalam channel YouTube Rans Entertainment.



Ketika hendak menuju rumah Raffi, Ridwan Kamil sempat bingung karena terdapat garis putus-putus di Google Maps di sekitar wilayah Andara.

Dari situ Raffi Ahmad menjelaskan bahwa kediamannya tersebut memang masih berada di kawasan Jawa Barat, tepatnya di Depok.

Selain itu, banyak juga situs jual beli rumah ternama yang menyebutkan bahwa wilayah Andara masih berada di kawasan Depok, Jawa Barat, dan belum masuk ke Jakarta Selatan.

Ini sebenarnya sudah biasa bagi warga ibu kota dan sekitarnya untuk menyebut tempat sekitar Jakarta sebagai Jakarta. Kasus inilah yang membuat banyak orang menyebut kawasan Andara sebagai wilayah Jakarta.

Hal yang sama juga kerap terjadi ketika menyebutkan bahwa Universitas Indonesia berada di Jakarta. Padahal, sebagian besar wilayah UI berada di Depok, Jawa Barat.
(okt)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.2364 seconds (0.1#10.140)