Asal Usul Nama Menteng dan Sejarahnya, Kawasan Elite di Jakarta

Senin, 14 Agustus 2023 - 17:10 WIB
loading...
Asal Usul Nama Menteng dan Sejarahnya, Kawasan Elite di Jakarta
Asal usul nama Menteng dan sejarahnya. Foto/Wikimedia Commons
A A A
JAKARTA - Menteng merupakan salah satu kecamatan yang berada di Jakarta Pusat. Melihat letaknya yang strategis, tak heran jika banyak yang menyebut kawasan ini cukup elite di Jakarta.

Wilayah Menteng berbatasan dengan Kecamatan Gambir di utara, Kecamatan Tanah Abang di barat, Kecamatan Senen di timur, dan Kecamatan Setiabudi di bagian selatannya.

Menteng memiliki sejarah panjang dengan asal-usul namanya yang menarik untuk diketahui. Dilansir dari berbagai sumber, SINDOnews telah merangkum asal usul nama Menteng di Jakarta sebagai berikut.

Asal Usul Nama Menteng dan Sejarahnya


Saat ini Menteng mungkin dikenali banyak orang sebagai kawasan elite di Jakarta Pusat. Melihat ke belakang, wilayah ini dulunya ternyata belum banyak diketahui dan masih dihuni binatang buas.

Wilayah tersebut juga banyak ditumbuhi pohon buah menteng. Melihat kondisinya itu, banyak orang yang menyebut daerah ini dengan nama Kampung Menteng.

Seiring berjalannya waktu, kawasan tersebut mulai tumbuh menjadi permukiman. Pada 1912, pemerintah Belanda membeli Menteng untuk dijadikan lokasi perumahan para pegawainya.



Kala itu Menteng dipilih karena memiliki kawasan yang asri dan nyaman. Kriteria ini umumnya sangat disukai bangsa Eropa untuk dijadikan sebagai hunian megah.

Seiring perkembangannya, Menteng mulai menjelma sebagai kawasan elite yang cukup terkenal Wilayah Menteng dibagi menjadi beberapa bagian kecil lain seperti Menteng Atas, Menteng Pulo, dan lainnya.

Saat ini Menteng menjadi salah satu ikon Jakarta yang berstatus ibu kota negara. Pada kawasan ini, banyak ditemui juga ruang publik seperti taman terbuka.

Di antaranya bisa disebutkan salah satunya seperti Taman Menteng. Mengutip Jakarta Tourism, dulunya taman ini adalah stadion serbaguna yang dikenal sebagai Stadion Menteng.

Selain Taman Menteng, kawasan ini juga masih memiliki sederet tempat menarik lain yang bisa dikunjungi. Sebut saja seperti Taman Suropati, Taman Cut Meutia, Taman Lawang, dan masih banyak lainnya.
(okt)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1327 seconds (0.1#10.140)