Rumah Obama di Menteng, Saksi Bisu Perjalanan Presiden ke-44 Amerika Serikat

Rabu, 10 November 2021 - 16:03 WIB
loading...
Rumah Obama di Menteng, Saksi Bisu Perjalanan Presiden ke-44 Amerika Serikat
Rumah Barack Obama di Menteng, Jakarta Pusat. Foto: BBC.com
A A A
JAKARTA - Rumah Obama di Menteng menjadi saksi bisu perjalanan Presiden ke-44 Amerika Serikat Barack Obama . Anak kandung dari pasangan Barack Obama Sr dan Ann Dunham ini memiliki rumah yang berlokasi di Jalan Taman Amir Hamzah No 22, Pegangsaan, Menteng, Jakarta Pusat.

Diketahui, Obama lahir di Honolulu, Hawai, Amerika Serikat pada 4 Agustus 1961. Orang tua Obama bercerai saat beliau berusia 2 tahun dan kepindahan mereka dari Amerika dimulai ketika Ann Dunham bertemu Lolo Soetoro yang membawanya ke Indonesia pada tahun 1967. Kemudian, hingga usia 10 tahun Obama tinggal di Menteng bersama ibu dan ayah tirinya.
Baca juga: Sosok Raja Salman Arab Saudi: Hafal Alquran Usia 12 Tahun, Tinggalkan Obama demi Salat Ashar

Selama tinggal di rumah berpagar putih itu, Obama mengenyam pendidikan di SD Negeri 01 Menteng. Di sekolah tersebut kini diabadikan sosok Obama kecil sebagai bentuk penghormatan.

Rumah Obama di Menteng yang bergaya arsitektur minimalis Belanda ini berdiri di atas tanah dengan lebar sekitar 40 meter dan panjang 20 meter dengan suasana hijau asri.

Kisah dari rumah Obama di Menteng bahkan diangkat menjadi sebuah film berdasarkan novel dengan judul yang sama yaitu Obama Anak Menteng pada 1 Juli 2010 di mana menceritakan pria yang menjadi Presiden Amerika Serikat dari ras kulit hitam pada masa kecil selama di Indonesia.

Obama kecil digambarkan dari sudut pandang orang-orang yang pernah akrab dengannya dan dibalut kisah inspiratif sebagai anak-anak Indonesia sebelum pindah ke Amerika.

Disadur dari The Daily Telegraph, Rabu (10/11/2021) perbedaan yang paling mencolok dari rumah Obama di Menteng yakni terbentangnya sawah di sekitar rumah yang kini berubah menjadi permukiman padat penduduk. "Saya tidak lagi lihat becak dan sepeda. Pemandangannya berubah total. Di Jakarta jalannya juga sangat padat. Saya jarang melihat orang berjalan kaki,” kata Obama yang baru dua kali ke Indonesia pada 2010 dan 2017.
Baca juga: Soal Presiden 3 Periode, Guru Besar UGM Bandingkan Sikap Jokowi dengan Obama

Pada kunjungan terakhirnya, Obama berlibur ke Indonesia selama 10 hari terhitung sejak 23 Juni dengan mengunjungi Pulau Bali, Jogjakarta, dan ditutup dengan kunjungan ke Jakarta pada 30 Juni hingga 2 Juli 2017.

Tak hanya di Jakarta, Jogjakarta mungkin tahu Obama. Ini karena ketika liburan panjang, Obama kecil biasanya berlibur ke tempat pamannya di kompleks perumahan dosen Universitas Gadjah Mada (UGM) saat masih kecil. Lokasi tersebut kini dialihfungsikan menjadi Museum UGM. Selama Obama menginap di rumah pamannya terdapat sejumlah foto tempat tidur Obama dan kenangan masa tinggalnya selama di Indonesia.

Sewaktu kecil pula nenek Obama punya kebiasaan membelikan cucu kesayangannya itu ayam utuh atau ingkung ayam lantaran ketertarikan beliau akan makanan tersebut.

MG08-Lorenza Ferary
(jon)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1119 seconds (0.1#10.140)