Luncurkan Busway Listrik saat Jabat Gubernur DKI, Anies Dinilai Antisipasi Polusi Udara

Rabu, 30 Agustus 2023 - 09:23 WIB
loading...
Luncurkan Busway Listrik saat Jabat Gubernur DKI, Anies Dinilai Antisipasi Polusi Udara
Bus listrik Transjakarta yang diluncurkan Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan pada Maret 2022. FOTO/IST
A A A
JAKARTA - Anies Baswedan dinilai telah melakukan antisipasi terhadap potensi polusi udara ketika menjabat sebagai Gubernur DKI Jakarta. Salah satunya dengan meluncurkan bus listrik Transjakarta pada 2022 silam.

Penilaian ini disampaikan peneliti Institut Perubahan Yan Rijal menanggapi permintaan Presiden Joko Widodo (Jokowi) kepada Pemprov DKI untuk menambah busway listrik saat rapat di Istana Negara. Bus listrik ini untuk mengurangi polusi udara yang semakin kronis, sehingga menyebabkan banyak balita terserang penyakit pernapasan (ISPA).

Menurut Rijal, pada 2022, Anies meluncurkan 30 bus listrik TransJakarta di Plaza Selatan Monumen Nasional (Monas). "Totalnya ada 100 unit. Artinya sebelum polusi udara DKI kronis, Anies sudah melakukan solusi antisipasi," katanya di kawasan Cikini, Jakarta Pusat, Rabu (30/8).



Kampanye kendaraan listrik di Jakarta, kata Rijal sudah dilakukan Anies sejak menjabat sebagai gubernur. Menurutnya, Pj Gubernur DKI Jakarta Heru Budi Hartono tinggal melanjutkan.

"Kalau kita mau berjiwa besar ya ucapkan terima kasih ke Pak Anies. Karena, pembelian busway listrik sudah berjalan dan Heru Budi tinggal melanjutkan dan ini tercatat dalam jejak digital," katanya.

Untuk diketahui, pada Maret 2022 silam, Anies yang menjabat sebagai Gubernur DKI Jakarta meluncurkan 30 bus listrik Transjakarta. Menurutnya, kemacetan dan polusi udara merupakan masalah mobilitas di Jakarta yang disebabkan kegiatan kendaraan bermotor yang sangat tinggi. Karena itu, dia memandang masyarakat perlu difasilitasi kendaraan umum dengan sistem yang luas dan berbasis listrik.

Waktu itu, Anies menargetkan jumlah bus listrik yang beroperasi hingga akhir 2022 sebanyak 100 unit. Dalam jangka panjang, pada 2030, seluruh kendaraan umum di Jakarta beroperasi dengan tenaga listrik.

Baca Juga: Transjakarta Targetkan 100 Bus Listrik Beroperasi

Untuk mencapai target tersebut, Anies juga telah memasukkan rencana elektrifikasi bus dan armada TransJakarta ke dalam Pergub Nomor 90 Tahun 2021 tentang Rencana Pembangunan Rendah Karbon Daerah yang Berketahanan Iklim.
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1165 seconds (0.1#10.140)