Simak! 13 Tips ASN Lakukan WFH agar Mengasyikkan

Rabu, 23 Agustus 2023 - 10:16 WIB
loading...
Simak! 13 Tips ASN Lakukan WFH agar Mengasyikkan
ASN harus tetap produktif dan wajib mematuhi jam bekerja sesuai aturan berlaku meski bekerja dari rumah. Foto: Dok SINDOnews
A A A
JAKARTA - Kebijakan Work From Home (WFH) bagi Aparatur Sipil Negara (ASN) sebenarnya pernah dilakukan sejak pandemi Covid-19 lalu. Kini diberlakukan WFH lagi, namun berkaitan dengan polusi udara Jakarta yang makin memkhawatirkan.

Meski bekerja dari rumah, ASN harus tetap produktif dan wajib mematuhi jam bekerja sesuai aturan berlaku. ASN juga wajib melaporkan kinerjanya setiap hari kepada atasan masing-masing.



Pelaksana pada Seksi HI KPKNL Pamekasan Dian Novianto Prihantono membagikan pengalaman WFH melalui situs djkn.kemenkeu.go.id. Menurut dia, kunci efektivitas bekerja dari rumah adalah komitmen dan kedisiplinan.

“Kerjakan tugas-tugas dengan maksimal karena waktu yang terbuang merupakan bentuk korupsi, korupsi waktu,” ujar Dian.

Bagi ASN juga telah bersumpah/berjanji pada awal ditugaskan. Hendaknya berusaha menunaikan amanahnya sebaik mungkin, begitu juga dengan jam kerjanya.

Berikut 13 tips bekerja dari rumah bagi ASN agar efektif dan tidak korupsi waktu:

1. Awali semua kegiatan dengan berdoa. Niatkan juga untuk beribadah mencari nafkah untuk keluarga. Berpamitan pada keluarga selayaknya kita berangkat bekerja.
2. Tanamkan dalam hati dan pikiran kita bahwa kita dibayar karena pekerjaan dan aktivitas kerja kita, sehingga apabila kita bekerja kurang dari jam kerja yang ditentukan, maka itu sama saja korupsi waktu.
3. Kebersihan diri selalu dijaga. Disarankan selalu mandi pagi sebelum kerja walaupun itu dilakukan di rumah. Gunakan baju yang nyaman dan baik.
4. Makan makanan secukupnya karena kita semua tahu apabila terlalu banyak makan akan membuat kita malas bekerja.
5. Siapkan PC atau laptop, peralatan elektronik, dan jaringan internet yang baik.
6. Siapkan ruangan yang bebas gangguan atau tempat kerja sendiri di dalam rumah. Usahakan tempat kerja ini cukup nyaman untuk bekerja berjam-jam tanpa terganggu/mengganggu penghuni rumah yang lain.
7. Tentukan waktu jam kerja kita sendiri sehingga interaksi bisa dilakukan secara online dan efektif. Artinya kita sendiri yang menyesuaikan dengan jam kerja kantor karena ada di rumah. Waktu memulai maupun mengakhiri pekerjaan akan sangat fleksibel.
8. Meminimalisasi gangguan internal baik gangguan anak, istri, dan penghuni rumah lainnya. Kerja adalah prioritas kita, maka katakan kita sedang bekerja dan tidak ingin diganggu.
9. Tetapkan target dan agenda akan melakukan pekerjaan apa, pertemuan dengan siapa, dan menghasilkan output apa tiap harinya.
10. Untuk menghindari kejenuhan, aktivitas fisik sebagai selingan juga disarankan seperti melakukan pekerjaan rumah, memasak atau berkebun di luar jam bekerja.
11. Jangan pernah berpikiran bahwa pekerjaan kita sudah selesai, selalulah berpikiran bahwa kita menjadi ASN selain bekerja kita juga berkarya. Nah karya inilah yang tidak akan ada habisnya kalau kita bisa menggali dan mewujudkannya.
12. Segeralah laporkan pekerjaan kita kepada atasan atau isilah segera aplikasi kegiatan sehari-hari kita segera setelah jam kerja kita selesai untuk menghindari salah paham atau lupa akan kegiatan yang kita lakukan.
13. WFH tetap stay connected (terhubung setiap saat) dengan teman kerja, atasan atau bawahan, dan pengguna layanan sehingga bekerja tetap efektif, koordinasi dan komunikasi tetap lancar, serta diharapkan kinerja dapat semakin optimal.
(jon)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1095 seconds (0.1#10.140)