3 Penumpang Kapal Tenggelam di Kepulauan Seribu Belum Ditemukan, Tim SAR Perluas Area Pencarian

Minggu, 20 Agustus 2023 - 17:45 WIB
loading...
3 Penumpang Kapal Tenggelam di Kepulauan Seribu Belum Ditemukan, Tim SAR Perluas Area Pencarian
Kepala Kantor SAR Jakarta Fazzli memberikan keterangan soal pencarian tiga korban kapal tenggelam di Kepulauan Seribu, Minggu (20/8/2023). Foto: SINDOnews/Yohannes Tobing
A A A
JAKARTA - Tim SAR gabungan terus mencari 3 penumpang KM Dewi Noor 01 yang tenggelam di perairan Kepulauan Seribu , Sabtu (19/8/2023). Kapal sedang membawa bahan material saat mengalami kecelakaan di Pulau Untung Jawa dan Pari.

Kepala Kantor SAR Jakarta Fazzli mengatakan, tim gabungan unsur SAR laut dari Basarnas, Polairud, TNI AL, BPBD DKI, serta SAR MTA terus melakukan pencarian terhadap tiga korban di sekitar titik lokasi kapal tenggelam.



Dalam pencarian hari kedua, pihaknya memperluas area pencarian hingga 150 nautical mile. Tim SAR juga berkoordinasi dengan Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG) untuk mengetahui kondisi cuaca.

"Kemudian, pencarian difokuskan di titik awal lokasi kejadian lalu dihitung berdasarkan cuaca BMKG pada hari ini," ujar Fazzli di Kantor SAR, Penjaringan, Minggu (20/8/2023).

Dalam pencarian, petugas belum menemukan hambatan apa pun baik di atas air maupun di dalam. Dia menduga adanya pergeseran korban setelah terjadinya kecelakaan. Hal inilah yang membuat petugas kesulitan menemukan korban.

"Tentu namanya pencarian di laut dari titik awal lokasi kejadian ada pergeseran berdasarkan cuaca. Kita harus melakukan pencarian di beberapa sektor. Kita juga sudah melibatkan nelayan dan kapal-kapal yang melintas di wilayah perairan teluk Jakarta," ungkapnya.

Seperti diberitakan, kapal bermuatan bahan material bangunan mengalami kecelakaan di Perairan Kepulauan Seribu, Jakarta, Sabtu (19/8/2023). Tiga orang masih dalam pencarian tim SAR.

KM Dewi Noor I yang berpenumpang 15 orang melakukan perjalanan dari Pantai Mutiara menuju Pulau Sepa, Kepulauan Seribu pada pukul 01.00 WIB dini hari.
(jon)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.0965 seconds (0.1#10.140)