Pin Salah 3 Kali, Pembunuh Mahasiswa UI Gagal Kuras ATM Korban

Sabtu, 05 Agustus 2023 - 14:06 WIB
loading...
Pin Salah 3 Kali, Pembunuh Mahasiswa UI Gagal Kuras ATM Korban
AAB (23) pelaku pembunuhan mahasiswa FIB UI jurusan Sastra Rusia MNZ (19). Foto/MPI/Muhammad Refi Sandi
A A A
DEPOK - AAB (23) pelaku pembunuhan terhadap juniornya MNZ di FIB Universitas Indonesia (UI) sempat berusaha menguras kartu ATM milik korban. Ini dilakukan AAB terlilit utang bayar kos hingga pinjaman online (pinjol).

"Pelaku dengan korban itu berteman, dan tahu korban punya barang-barang seperti laptop merk MacBook, punya iPhone segala macam," ungkap Wakasatreskrim Polres Metro Depok, AKP Nirwan Pohan Nirwan di Mapolres Metro Depok, Sabtu (5/8/2023).

Nirwan mengatakan, AAB mengetahui MNZ memiliki keuangan yang baik dan barang mewah. Selain itu, AAB dan korban MNZ sama-sama bermain investasi crypto yang dinilai lebih sukses.

"Karena kan korban ini ikut juga main investasi gitu, dia lebih banyak berhasil dan mungkin korban dianggap lebih banyak duitnya, jadi (pikir pelaku) dengan menguasai ATM-nya bisa selesaikan utangnya," katanya.

Nirwan melanjutkan, AAB juga mengambil dompet milik korban terdapat kartu ATM. Namun gagal karena PIN salah dan akhirnya terblokir. "Setelah diambil, dompet diambil dicoba ke ATM karena tidak tahu PIN-nya akhirnya di-blokir," jelasnya.


Sekadar informasi, AAB nekat menikam korban MNZ diduga dengan motif terlilit tunggakan bayar kos hingga pinjaman online (pinjol). Pelaku pun sempat mencuri sejumlah barang pribadi milik korban mulai dari laptop MacBook, hanpdone iPhone hingga dompet.

Kemudian, pelaku AAB berhasil ditangkap dan terancam hukuman mati dengan Pasal 340 Jo 338 KUHP dan 365 ayat 3 KUHP. Terkini jenazah korban MNZ dibawa pihak keluarga dari RS Polri Kramat Jati, Jakarta Timur menuju Lumajang, Jawa Timur untuk dimakamkan.

(hab)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1190 seconds (0.1#10.140)