Fakta-fakta Insiden Sultan Terjerat Kabel Optic di Jaksel hingga Tulang Tenggorokan Putus

Jum'at, 04 Agustus 2023 - 10:21 WIB
loading...
Fakta-fakta Insiden Sultan Terjerat Kabel Optic di Jaksel hingga Tulang Tenggorokan Putus
Fakta di balik insiden terjerat kabel fiber optic menjuntai di Jalan Pangeran Antasari, Jakarta Selata, yang menimpa Sultan Rifat Alfatih kini jadi sorotan publik. Foto: MPI/Dok
A A A
JAKARTA - Insiden terjerat kabel fiber optic menjuntai di Jalan Pangeran Antasari, Jakarta Selata, yang menimpa Sultan Rifat Alfatih, kini jadi sorotan publik.

Bahkan, Kapolri Jenderal Pol Listyo Sigit Prabowo memberikan atensi khusus kepada korban yang merupakan warga Bintaro mahasiswa Universitas Brawijaya (Unbraw), Malang.

Kapolri memerintahkan jajaran Kedokteran dan Kesehatan Polri (Dokkes Polri) serta Polres Jakarta Selatan turun tangan memberikan bantuan.

Tim Dokkes Polri dan Polres Jakarta Selatan langsung merespons dengan menyambangi kediaman Sultan di Bintaro Kamis (3/8/2023. Kini Sultan sudah mendapat penanganan di RS Polri Kramat Jati.



Lantas seperti apa perjalanan kasus ini? Berikut fakta-fakta di balik insiden terjerat kabel optic menjuntai tersebut:

1. Kejadian Lama 5 Januari 2023

Kejadian ini sebenarnya sudah berlangsung sekitar tujuh bulan lalu. Kejadian ini kini mendapat perhatian publik setelah di blow up media.

Ayah Sultan Rifat, Fatih, menyebutkan, peristiwa itu terjadi pada 5 Januari 2023. Kejadian berlangsung saat Sultan mengendarai sepeda motor melintasi Jalan Pangeran Antasari.

Saat itu Mobil SUV di depannya melintasi kabel optik yang menjuntai ke jalan. Lantaran ada bagian kabel yang terseret mobil, kabel itu berbalik ke arah belakang dan menjerat leher Sultan.

2. Tulang Muda Tenggorokan Putus

Kondisi Sultan Rifat setelah terkena kabel tersebut bukan luka biasa. Insiden itu menyebabkan tulang muda tenggorokannya putus sehingga merusak saluran makan dan pernapasan. Bahkan, hingga kini tenggorokannya belum juga pulih dan belum bisa bicara.

Sultan juga hanya bisa makan dan minum melalui selang NGT silikon yang dimasukkan melalui hidung. Makanan yang dikonsumsi juga harus dicairkan dengan kekentalan paling tidak 10%.

3. Keluarga Ditawari Uang Rp2 Miliar

Keluara Sultan mengaku pernah ditawari oleh perusahaan pemilik kabel fiber optik senilai Rp2 miliar. Namun, tawaran tersebut ditolak keluarga karena tersinggung dan dianggap menghina. Pihak keluarga justru hingga kini masih menunggu permintaan maaf dari perusahaan pemilik kabel fiber optic.

“Sekarang gini, anak kita masih sakit, kondisinya seperti ini, tiba-tiba dia dateng dengan tergopoh-gopoh, terus diberikan uang untuk menyelesaikan ini Rp2 miliar ke saya,” kata Fatih, ayak dari Sultan, Rabu (2/8/2023).
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1950 seconds (0.1#10.140)