Kabel Fiber Optik Liar Mulai Diputus, Tangsel Berlakukan Jalur Tanam dan Tiang Bersama

Selasa, 28 November 2023 - 14:33 WIB
loading...
Kabel Fiber Optik Liar Mulai Diputus, Tangsel Berlakukan Jalur Tanam dan Tiang Bersama
Sejumlah sambungan kabel Fiber Optik (FO) liar yang terpasang di Jalan Ciater Raya, Serpong, Tangerang Selatan (Tangsel), akhirnya diputus paksa petugas. Foto: MPI/Hambali
A A A
TANGERANG SELATAN - Sejumlah sambungan kabel Fiber Optik (FO) liar yang terpasang di Jalan Ciater Raya, Serpong, Tangerang Selatan (Tangsel), akhirnya diputus paksa petugas. Lokasi pemutusan kabel FO itu berada persis di dekat Kantor Kelurahan Rawa Mekar Jaya.

Baca Juga: Warga Resah Banyak Kabel Menjulur ke Bahu Jalan di Tangsel

Pihak Dinas Sumber Daya Air Bina Marga dan Bina Konstruksi (DSDABMBK) terpaksa memutus kabel karena pemilik tak mematuhi imbauan yang disampaikan.

"Penertiban ini dilakukan secara bertahap," ujar Kasi Jalan dan Jembatan pada Bidang Bina Marga. Dinas SDABMBK Kota Tangsel, Ramdan Arafat, Selasa (28/11/2023).



Penertiban itu telah dilakukan pada beberapa wilayah lainnya. Menurut Ramdan, upaya tersebut mulai digalakkan guna menambah pendapatan daerah melalui retribusi.

"Untuk sebagian kabel yang ditanam kita sudah kenakan retribusi, di wilayah Ceger Pondok Aren misalnya. Tahap selanjutnya, kita sedang melakukan galian untuk kabel FO bawah tanah di beberapa titik agar terlihat tertib," katanya.



Ke depan, kata dia, tidak ada lagi pemasangan kabel menjuntai di atas. Pemerintah daerah akan memberlakukan 2 sistem pemasangan kabel yakni melalui tanam bawah tanah dan tiang bersama.

"Saat ini dalam proses pengesahan (regulasi)," ujarnya.

Dalam hal teknis, sistem tanam bawah tanah dan sistem tiang bersama akan saling melengkapi. Sebab, pemasangan bawah tanah tidak bisa dilakukan sepenuhnya karena terkendala lahan.

"Jadi enggak semua kabel harus di bawah, karena kendala lahan. Semua akan kita lakukan secara bertahap. Saat ini sementara kita ikat dulu agar tidak merusak estitika," ungkapnya.
(thm)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1348 seconds (0.1#10.140)