6 Kawasan di Jakarta yang Ramah untuk Pejalan Kaki

Selasa, 04 Juli 2023 - 11:38 WIB
loading...
A A A
Terowongan ini bagian dari penataan kawasan Dukuh Atas yang merupakan kawasan berorientasi transit atau Transit Oriented Development (TOD). Terowongan Kendal memiliki tinggi tembok sekitar lima meter yang dihiasi lampu berwarna warni sehingga menambah kesan artistik. Jalur pedestrian ini ramai dilewati pejalan kaki lantaran terletak di lokasi yang strategis, yakni Stasiun Sudirman, Stasiun BNI City, dan Stasiun MRT Dukuh Atas.

2. Trotoar Kota Tua

6 Kawasan di Jakarta yang Ramah untuk Pejalan Kaki

Kawasan Kota Tua, Jakarta Barat, yang selama ini dikenal sebagai tempat wisata kini telah menyediakan jalur yang ramah bagi pejalan kaki. Jalur pedestrian yang menghubungkan Stasiun Jakarta Kota dan Kawasan Wisata Kota Tua telah selesai direvitalisasi. Kini pejalan kaki bisa berjalan di sana dengan aman dan nyaman.

Jalur pedestrian ini sebelumnya merupakan Jalan Lada dan Jalan Kemukus yang selalu ramai kendaraan bermotor. Namun, sejak Maret 2022 kedua jalan itu ditutup dan diubah fungsinya sebagai jalur pedestrian. Hal ini merupakan bagian dari proyek revitalisasi Kota Tua menjadi kawasan rendah emisi.

Proyek revitalisasi trotoar itu dilakukan di beberapa ruas jalan, di antaranya Jalan Ketumbar, Jalan Kemukus dan Jalan Lada Dalam. Total trotoar yang direvitalisasi sepanjang 2,11 km dengan lebar tiga meter. Trotoar dilengkapi dengan beberapa bangku, pepohonan, jalur sepeda hingga ubin pengarah untuk disabilitas (guiding block).

3. Trotoar Jalan Melawai dan Gunawarman

6 Kawasan di Jakarta yang Ramah untuk Pejalan Kaki

Jalur pedestrian di Jalan Melawai, Jakarta Selatan, telah berganti wajah dan nyaman bagi pejalan kaki. Trotoar di sisi jalan dihiasi tanaman hijau dan sarana kursi yang bersih sehingga memberikan rasa nyaman untuk pejalan kaki .

Masih di kawasan Jakarta Selatan, trotoar Jalan Gunawarman yang selesai ditata pada November 2022, juga bisa menjadi pilihan untuk lokasi berjalan kaki. Di sepanjang jalan terdapat trotoar dengan lebar sekitar 2 meter. Jadi cukup nyaman untuk pejalan kaki di sepanjang trotoar depan Taman Gunawarman.

4. Trotoar Jalan Proklamasi dan Jalan Penataran

6 Kawasan di Jakarta yang Ramah untuk Pejalan Kaki

Pemprov DKI Jakarta juga sudah melakukan penataan dan pembangunan jalur pedestrian di Jalan Proklamasi dan Jalan Penataran, Kelurahan Pegangsaan, Kecamatan Menteng, Jakarta Pusat. Penataan trotoar ini membuat pejalan kaki semakin nyaman.

Terlebih di kawasan Pegangsaan terdapat objek wisata kuliner di kawasan Pegangsaan. Jadi masyarakat pejalan kaki bisa sembari menikmati wisata kuliner.

Dalam pembangunan jalur pedestrian ini Pemprov DKI mengusung konsep complete street dengan pembagian ruang yang tepat sesuai aturan yang ada. Konsep penataan trotoar ini berbasis kawasan. Artinya, bukan hanya membangun jalur pedestrian tetapi ada pembangunan saluran, taman, lampu, jalur sepeda, dan wisata kuliner.

5. Trotoar Jalan Wahid Hasyim

6 Kawasan di Jakarta yang Ramah untuk Pejalan Kaki

Tepat di pusat Kota Jakarta, juga terdapat kawasan yang nyaman buat pejalan kaki, yakni trotoar Jalan Wahid Hasyim. Jalur pedesterian ini terbentang dari kawasan Tanah Abang, melintasi Sarinah hingga Jalan KH Wahid Hasyim-Jalan Menteng Raya-Jalan Taman Cut Mutiah dan Jalan Johar.
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.2141 seconds (0.1#10.140)