Iduladha 2023, Baznas Bazis DKI Bagikan Daging Kurban di Pulau Sabira

Kamis, 29 Juni 2023 - 18:27 WIB
loading...
Iduladha 2023, Baznas Bazis DKI Bagikan Daging Kurban di Pulau Sabira
Baznas Bazis Provinsi DKI Jakarta menyalurkan daging kurban kepada warga di Pulau Sabira, Kepulauan Seribu, Jakarta, Kamis (29/6/2023). Foto: Ist
A A A
JAKARTA - Hari Raya Iduladha 2023 dimanfaatkan Baznas Bazis Provinsi DKI Jakarta untuk menyalurkan daging kurban. Ratusan porsi daging kurban disalurkan kepada warga di Pulau Sabira, Kepulauan Seribu, Jakarta.

Mengambil tema Jakarta Berkurban dalam memperingati Hari Raya Idul Adha 1444 Hijriah menjadi spesial, karena bisa membagikan daging hewan kurban kepada nelayan yang jarang mengonsumsi daging sapi. Dalam Jakarta Berkurban ini, Baznas Bazis DKI melakukan pemotongan dan pendistribusian daging kurban di Pulau Sabira.

"Baznas (Bazis) Provinsi DKI Jakarta ikut memberikan perhatian bagi mustahik di Pulau Sabira yang menjadi pulau terluar Jakarta, melalui program Dapur Kurban," kata Wakil Ketua IV Baznas Baznas DKI Jakarta, Nasir Tajang, Kamis (29/6/2023).



Dapur Kurban, kata Nasir, merupakan program yang diinisiasi oleh Baznas DKI agar warga tidak mengeluarkan biaya tambahan untuk memasak daging kurban. Masyarakat prasejahtera di Pulau Sabira bisa memakan langsung olahan daging kurban yang dimasak secara gotong-royong.

Kebutuhan bumbu masak daging kurban dibiayai oleh Baznas Baznas Jakarta. "Sebanyak 600 porsi daging kurban akan dimasak dan dimakan bersama warga untuk memenuhi kebutuhan gizi sehat warga Pulau Sabira. Sedangkan sisanya akan dibagikan daging mentah menggunakan bongsang untuk 174 Kepala Keluarga di Pulau Sabira," tutur Nasir Tajang.



Dalam kegiatan ini, Baznas Bazis DKI Jakarta berkolaborasi dengan PAM Jaya, dan Jakarta Oses. Sebanyak tiga ekor sapi dipotong di halaman Masjid Jami Nurul Bahri, Pulau Sabira.

Dalam mendukung keberhasilan program di Pulau Sabira ini, Dishub DKI Jakarta juga berpartisipasi dengan memberikan akses kapal untuk tim Baznas Bazis menuju Pulau Sabira.

Selain di Pulau Sabira, pemotongan dan penyaluran hewan kurban juga dilakukan dibeberapa titik kampung padat penduduk di DKI Jakarta. Penyaluran hewan kurban tahun ini adalah hasil dari kolaborasi dengan BUMD DKI Jakarta.
(thm)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.2510 seconds (0.1#10.140)