PDIP Terapkan Pengelolaan Sampah Berkelanjutan di Puncak Acara Bulan Bung Karno

Sabtu, 24 Juni 2023 - 10:30 WIB
loading...
PDIP Terapkan Pengelolaan Sampah Berkelanjutan di Puncak Acara Bulan Bung Karno
Sekjen DPP PDIP Hasto Kristiyanto. Foto/MPI/Dok
A A A
JAKARTA - DPP PDI Perjuangan ( PDIP ) menerapkan manajemen pengelolaan sampah berkelanjutan (waste management system) dalam perhelatan puncak Bulan Bung Karno 2023. Sistem ini melibatkan ribuan kader dan pihak luar terkait yang memiliki concern sama menjaga lingkungan dan mencintai bumi.

Sekjen DPP PDIP Hasto Kristiyanto mengatakan, selama ini pihaknya memang menerapkan standar manajemen sampah bagi dalam setiap giat kepartaian. Khusus acara ini, di seluruh area SUGBK dan di sekitar arena acara, PDIP mengerahkan sebanyak 3.000 anggota Komunitas Juang.

"Komunitas Juang ini bergotong royong dengan kelompok masyarakat yang fokus pada lingkungan hidup dan dibantu dari Dinas Lingkungan Hidup DKI Jakarta untuk membersihkan dan mengolah sampah-sampah selama acara berlangsung," kata Hasto, Sabtu (24/6/2023).

Komunitas Juang adalah salah satu unit organisasi partai yang berbasis di Jawa Tengah dengan pengampu Ketua DPP PDIP Bidang Pemenangan Pemilu, Bambang 'Pacul' Wuryanto. Anggotanya adalah mayoritas anak-anak berusia muda di bawah 30 tahun.

Selain itu, kata dia, ada setidaknya 400 personel dari Dinas Lingkungan Hidup DKI Jakarta yang turut bergotong royong mewujudkan waste management system di acara puncak BBK 2023 ini.


"Kami juga melibatkan 300 pemulung. Dan sampah-sampah tersebut, selain dapat didaur ulang, yang akan dipilih akan menjadi penghasilan tambahan buat mereka," ujarnya.

"Plastik dan sampah residu akan dipisahkan. Plastik akan ditingkatkan nilai ekonomisnya membentuk sirkular ekonomi. Dana yang terkumpul akan dibagikan untuk para pemulung yang disebut sebagai pasukan Pro Lestari," sambung Hasto.

(hab)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1801 seconds (0.1#10.140)