Atasi Kemacetan, Pemprov DKI Disarankan Kembali Terapkan WFH

Rabu, 21 Juni 2023 - 17:26 WIB
loading...
Atasi Kemacetan, Pemprov DKI Disarankan Kembali Terapkan WFH
Pemprov DKI disarankan menerapkan kembali kebijakan work from home (WFH) seperti saat pandemi Covid-19. WFH dinilai efektif mengurangi kemacetan Jakarta. Foto: SINDOnews/Dok
A A A
JAKARTA - Pemprov DKI Jakarta disarankan menerapkan kembali kebijakan bekerja dari rumah atau work from home (WFH) seperti saat pandemi Covid-19. WFH dinilai efektif mengurangi kemacetan Jakarta.


"Yang saya usulkan penerapan WFH yang sudah terbukti berhasil ketika pandemi dilakukan, jalanan kosong," ujar anggota Komisi A DPRD DKI Jakarta William Aditya Sarana, Rabu (21/6/2023).

Wiliam menilai penerapan WFH ketika pandemi Covid-19 sudah terbukti menurunkan angka kemacetan Jakarta. Selain itu, kualitas udara Jakarta juga semakin bersih lantaran tidak ada kendaraan yang lalu-lalang.



Agar kebijakan WFH itu cepat terlaksana, William meminta Pemprov DKI segera berkoordinasi dengan perusahaan atau perkantoran di Jakarta. Ia optimistis kebijakan WFH bisa segera diberlakukan.

"Mungkin sistem kerja hybrid, jadi tiga hari WFH dan sisanya di kantor. Itu perlu dipertimbangkan," katanya.

Selain itu, William meminta Pemprov DKI memaksimalkan pelayanan transportasi umum agar warga beralih dari kendaraan pribadi.
Pemprov DKI bisa melakukan penambahan titik terminal dan moda transportasi agar tidak terjadi keterlambatan saat menunggu penumpang.



"Jadi di satu sisi ada solusi WFH, di sisi lain Pemprov juga harus benahi transportasi kita," saran William.

Pemprov DKI saat ini sedang menggodok beberapa peraturan guna mengurangi kemacetan. Peraturan yang tengah digodok, antara lain membagi jam kerja menjadi dua shift, yakni masuk pukul 08.00 WIB dan 10.00 WIB.

Namun skema ini belum menemui titik temu. Pemprov baru membahas rancangan peraturan tersebut kepada para pengusaha dan pengelola gedung perkantoran.
(thm)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1224 seconds (0.1#10.140)