PAM Jaya Bangun Reservoir Air Senilai Rp4 Miliar untuk 633 Rumah di Duri Kosambi

Jum'at, 16 Juni 2023 - 07:22 WIB
loading...
PAM Jaya Bangun Reservoir Air Senilai Rp4 Miliar untuk 633 Rumah di Duri Kosambi
PAM Jaya merampungkan pembangunan reservoir air di Jalan KH. Abdul Wahab RT 09/06, Duri Kosambi, Cengkareng, Jakarta Barat. Foto/MPI/Dimas Choirul
A A A
JAKARTA - PAM Jaya merampungkan pembangunan reservoir air di Jalan KH. Abdul Wahab RT 09/06, Duri Kosambi, Cengkareng, Jakarta Barat . Pembangunan itu dilakukan untuk memenuhi kebutuhan air bersih bagi 633 rumah.

Direktur Utama PAM Jaya, Arief Nasrudin mengatakan, pembangunan reservoir air ini didasarkan pada evaluasi terkait gangguan air di wilayah Duri Kosambi selama beberapa bulan terakhir.

"Kurangnya tekanan air di dekat pusat distribusi dan permukiman yang jauh dari pusat distribusi membuat tekanan air melemah. Di saat yang sama, kebutuhan air warga juga naik," kata Arief kepada wartawan Kamis, 16 Juni 2023.

Menurut Arief, reservoir komunal itu fungsinya untuk menampung air pada saat air tidak digunakan. "Nah, kemudian tampungan air yang itu akan didorong oleh pompa ke rumah warga," ujarnya.

Dengan adanya reservoir tersebut, air yang disalurkan tidak bertahan di dalam pipa yang membebani pipa hingga rusak atau bolong, tetapi akan ditampung pada reservoir.

Adapun dana yang dinggarkan untuk pembangunan reservoir di Duri Kosambi ini sekitar Rp4-5 miliar.


Saat ini, lanjut dia, suplai air di Duri Kosambi sudah mulai normal, karena reservoir ini berdampak bagi 633 rumah tangga atau setara 3.000 orang.

"Saat ini sudah ada 11 reservoir yang kita rencanakan dan sudah ada tiga yang kita resmikan. Duri Kosambi ini yang ketiga yang pertama itu kemarin ada di Marunda Kepu, kemudian di Rorotan," ujarnya.

Semantara itu, Kepala BPBUMD DKI Jakarta, Nasruddi Djoko Surjono menambahkan, reservoir yang ada juga membantu warga secara ekonomi. Harga air perpipaan yang lebih murah dibandingkan air jeriken membuat warga bisa menghemat pengeluaran.

"Air jeriken rata-rata dijual Rp5.000 per 20 liter. Untuk tarif air perpipaan untuk kategori rumah tangga sederhana berkisar Rp1.050 hingga Rp3.500 per 1.000 liter," tuturnya.



Dengan demikian, pengeluaran untuk kebutuhan air bisa dialihkan untuk peningkatan kualitas hidup seperti pendidikan, kesehatan dan lainnya.
(hab)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1805 seconds (0.1#10.140)