3 Stasiun KRL Berada di Luar Jabodetabek, Nomor Terakhir Pernah Layani KA Lokal

Selasa, 13 Juni 2023 - 14:51 WIB
loading...
3 Stasiun KRL Berada di Luar Jabodetabek, Nomor Terakhir Pernah Layani KA Lokal
Terdapat 3 stasiun KRL Commuter Line berada di luar Jabodetabek. Ketiganya tersebar di Kabupaten Lebak, Banten. Foto: Dok SINDOnews
A A A
JAKARTA - Terdapat 3 stasiun KRL Commuter Line berada di luar Jabodetabek. Ketiganya tersebar di Kabupaten Lebak, Banten. Ayo tebak stasiun apa saja?

Ketiganya yakni Stasiun Maja, Stasiun Citeras, dan Stasiun Rangkasbitung. Stasiun tersebut melayani perjalanan KRL hingga Stasiun Tanah Abang, Jakarta Pusat.



Berikut gambaran 3 stasiun KRL Commuter Line yang berada di luar Jabodetabek:

1. Stasiun Maja
Stasiun Maja merupakan stasiun kelas II yang terletak di Kecamatan Maja, Kabupaten Lebak. Stasiun ini berada pada ketinggian lebih dari 40 mdpl dan hanya melayani KRL Commuter Line.

Stasiun yang satu ini pernah mengalami perubahan bangunan dan selesai pada 11 Mei 2016. Selain bangunan, Stasiun Maja juga menambah jalur kereta api menjadi 3 jalur.

2. Stasiun Citeras
Berbeda dengan Stasiun Maja, Stasiun Citeras merupakan stasiun tipe kelas III atau kecil yang berada di Mekarsari, Rangkasbitung, Lebak. Stasiun ini berada di ketinggian lebih dari 48 mdpl dan juga hanya melayani rute KRL.

Bangunan stasiun sudah diperbaharui dengan arsitektur yang lebih modern dan minimalis. Untuk jalurnya, Stasiun Citeras memiliki 3 jalur yang salah satunya digunakan pemberhentian kereta commuter.

3. Stasiun Rangkasbitung
Stasiun Rangkasbitung atau biasa dikenal Stasiun Rangkas merupakan stasiun yang memiliki tipe A yang berada di Muara Ciujung Timur, Rangkasbitung, Lebak. Stasiun yang terletak pada ketinggian lebih dari 22 mdpl ini termasuk Daerah Operasi (Daops) I Jakarta dan merupakan stasiun utama di Provinsi Banten.

Sebelumnya, stasiun ini hanya melayani kereta api lokal seperti KA Kalimaya, KA Patas Merak, dan KA Krakatau. Namun, pada periode 1 April 2017 KA Kalimaya dan KA Patas Merak dinyatakan berhenti kemudian seluruhnya diganti dengan layanan baru KRL Commuter Line Rangkasbitung.
(jon)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1802 seconds (0.1#10.140)