Deretan Stasiun KRL di Jabodetebek yang Memiliki Nama Serupa

Kamis, 27 April 2023 - 14:05 WIB
loading...
Deretan Stasiun KRL di Jabodetebek yang Memiliki Nama Serupa
Stasiun Bekasi Timur, salah satu stasiun KRL Commuter Line yang memiliki nama serupa dengan Stasiun Bekasi. Foto/SINDOnews/Dok
A A A
JAKARTA - Wilayah Jabodetabek saat ini mudah dijangkau karena sudah terkoneksi dengan keberadaan KRL Commuter Line . Jumlah stasiun KRL tercatat sebanyak 93 unit dan tersebar di seluruh wilayah Jabodetabek .

Nama-nama stasiun KRL biasanya diambil dari wilayah tersebut. Seperti, Stasiun Gondangdia, yang namanya diambil karena berada di wilayah Gondangdia, Jakarta Pusat.

Namun, tahu kah Anda dari sekian banyaknya stasiun KRL, ada beberapa stasiun yang memiliki nama serupa.


Berikut nama-nama stasiun KRL yang memiliki nama serupa di Jabodetabek;

1. Stasiun Pasar Minggu dan Pasar Minggu Baru

Salah satu stasiun KRL yang memiliki nama sejenis adalah Stasiun Pasar Minggu dan Pasar Minggu Baru di Jakarta Selatan. Melansir laman resmi KRL, kedua stasiun ini masuk dalam peta rute KRL Jabodetabek & Merak.

Jika Stasiun Pasar Minggu berada tepat di wilayah Pasar Minggu, maka Stasiun Pasar Minggu Baru berdiri di perbatasan antara Kecamatan Pancoran dan Pasar Minggu atau Kelurahan Pancoran dan Pejaten Timur.

Demi meminimalisir penumpukan penumpang di Stasiun Pasar Minggu, maka dibangunlah Stasiun Pasar Minggu Baru yang diapit oleh Stasiun Pasar Minggu dan Stasiun Duren Kalibata.

2. Stasiun Klender dan Klender Baru

Selanjutnya, ada Stasiun Klender dan Klender Baru. Sama-sama berlokasi di Jakarta Timur, kedua stasiun ini dipisahkan oleh Stasiun Buaran dan menjadi bagian dari DAOP (Daerah Operasional) 1 Jakarta.

Stasiun Klender sudah berdiri sejak era kolonial dan menjadi salah satu stasiun peninggalan SS (Staatsspoorwegen) atau perusahaan kereta api Hindia Belanda.

Selanjutnya, Stasiun Klender Baru sering disebut juga sebagai Stasiun Pondok Kopi lantaran lokasinya yang berada di bagian utara Pondok Kopi, meskipun secara administratif tidak masuk ke dalam wilayah Pondok Kopi.

3. Stasiun Depok dan Depok Baru

Stasiun Depok dan Depok Baru juga masuk dalam daftar jajaran stasiun dengan nama serupa. Keduanya berada dalam DAOP 1 Jakarta dan berlokasi di Pancoran Mas, kota Depok, Jawa Barat.

Melansir laman resmi Heritage KAI, Stasiun Depok atau dikenal pula dengan nama Stasiun Depok Lama merupakan salah satu stasiun paling tua di Jabodetabek. Di sebelah selatan stasiun ini, terdapat depo KRL terbesar di Asia Tenggara.

Stasiun Depok diketahui sudah eksis sejak tahun 1870-an, bersamaan dengan dibangunnya jalur kereta api Batavia-Buitenzorg (Jakarta-Bogor) oleh NIS (Nederlandsch-Indische Spoorweg Maatschappij).
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1314 seconds (0.1#10.140)