Cegah PMK, Sudin KPKP Jakbar Sudah Periksa 1.037 Hewan Kurban di 10 Penampungan

Senin, 12 Juni 2023 - 11:31 WIB
loading...
Cegah PMK, Sudin KPKP Jakbar Sudah Periksa 1.037 Hewan Kurban di 10 Penampungan
Jelang Iduladha, Sudin KPKP Jakarta Barat menggencarkan pemeriksaan hewan kurban. Hal ini untuk memastikan hewan kurban bebas dari penyakit mulut dan kuku. Foto: SINDOnews/Dok
A A A
JAKARTA - Jelang Hari Raya Iduladha 1444 H, Suku Dinas Ketahanan Pangan, Kelautan, dan Pertanian (Sudin KPKP) Jakarta Barat menggencarkan pemeriksaan hewan kurban. Hal ini untuk memastikan hewan kurban bebas dari penyakit mulut dan kuku (PMK).

Kepala Sudin KPKP Jakarta Barat Novi C Palitn mengatakan, data hingga 8 Juni 2023 pihaknya telah memeriksa hewan kurban di 10 penampungan. Total sudah ada sebanyak 1.037 hewan kurban yang diperiksa.

"Rinciannya, 925 ekor sapi, 2 ekor kerbau, 95 ekor kambing, dan 15 ekor domba," ujar Novi dalam keterangannya, Senin (12/6/2023).



Novi menjelaskan, pemeriksaan hewan kurban tersebut mencakup jenis kelamin, umur, serta pemeriksaan fisik hewan, seperti mulut/gigi dan kuku. Pemeriksaan tersebut dilakukan guna mengantisipasi penyebaran penyakit mulut dan kuku.

Sementara itu, Iwan (50), salah satu penjual hewan kurban cabang Kemanggisan, memastikan selalu memperhatikan kesehatan hewan kurban.

Misalnya, sapi yang didatangkan dari Bali sebelumnya telah menjalani proses pemeriksaan kesehatan di Badan Karantina Pertanian, Kementerian Pertanian RI di Bali.



Selain proses pemeriksaan kesehatan hewan, ia juga memiliki tempat penampungan hewan kurban yang dirawat dan dijaga. Itu dilakukan guna memastikan hewan kurban yang dijual dalam kondisi sehat.

"Misalnya, rumput-rumput sisa pakan sapi bersama kotoran yang sudah kering dibakar. Gunanya, untuk mengantisipasi penyakit mulut dan kuku. Sedangkan kotoran sapi lainnya dimasukkan dalam karung untuk selanjutnya dibuat pupuk," jelasnya.

Ia sudah tiga tahun menjual hewan kurban. Jenis hewan kurban yang dijual, yakni sapi dan kambing.

"Sudah tiga tahun menjual hewan kurban. Lokasi pertama, dekat kompleks DPR, lalu yang kedua dekat cucian motor di wilayah Kemanggisan, dan ketiga di sini (Palmerah). Saya jual hewan sapi dari Bali," pungkasnya.
(thm)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1153 seconds (0.1#10.140)