Detik-detik Pemindahan Pria Berbobot 300 Kg dari RSUD Kota Tangerang ke RSCM Jakarta

Sabtu, 10 Juni 2023 - 01:23 WIB
loading...
A A A
Sementara, pihak RSUD Kota Tangerang mengatakan, kondisi Fajri mulai membaik. Fajri sudah bisa duduk di atas kasur, kamar tempat dia dirawat di RSUD Kota Tangerang. Meski masih harus dibantu.

"Kalau sekarang Fajri sudah bisa duduk tapi dibantu harus ada penyangga," ujar Direktur Utama RSUD Kota Tangerang, dr. O.U. Taty Damayanti.

Kendati begitu, dia masih mengeluhkan nyeri di kakinya akibat kecelakaan. Untuk informasi, selain karena faktor obesitas Fajri tidak bisa banyak bergerak karena mengalami infeksi di kakinya.

Kecelakaan yang terjadi delapan bulan lalu itu, membuat Fajri hanya bisa terbaring. Hal ini membuat bobotnya yang terus membesar.

Taty menuturkan, hasil laboratorium dari cairan yang diambil di tubuh Fajri terkonfirmasi normal. "Hasil lab-nya bagus, normal, dilihat dari hasil pemeriksaan lab bagus. Alhamdulillah dalam keadaan sekarang Fajri itu keadaanya sadar, dia sudah bisa duduk, dan keluhan-keluhan yang agak nyeri di kakinya, karena memang dapat pengobatan, agak berkurang. Gulanya bagus, hasil lab-nya bagus," jelasnya.

Dalam menangani Fajri, RSUD Kota Tangerang membentuk tim khusus untuk memantau kondisi Fajri, pria yang memiliki bobot 300 kilogram. Setidaknya ada 10 dokter spesialis yang dikerahkan. Dia mengatakan, tim itu dipimpin oleh dokter spesialis penyakit dalam Dr, Marsel. SpPD.

"Di mana di situ terdapat KSM (Kelompok Staff Medis) ada penyakit dalam, radiologi, bedah, kulit, gizi dan lain-lain, jadi tim ini yang menangani," ujarnya.

Dia menjelaskan, Fajri mengalami obesitas dan memiliki infeksi di kakinya. Hal ini yang membuatnya tak bisa banyak bergerak dan hanya berbaring saja.

Taty menuturkan, penanganan pertama yang dilakukan RSUD Kota Tangerang adalah menangani infeksi di kakinya terlebih dahulu. Kemudian, memperbaiki pola makannya dengan memberikan nutrisi yang bergizi.

"Itu yang dapat kita lakukan untuk menurunkan berat badan harus mempunyai tata laksana program yang memang dalam kondisi yang stabil," tuturnya.
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.0985 seconds (0.1#10.140)