Penyelundupan Benih Lobster Seharga Rp4,1 Miliar ke Vietnam Digagalkan

Rabu, 03 Mei 2023 - 07:56 WIB
loading...
A A A
Ia menambahkan, bibit-bibit lobster yang ditemukan itu langsung dilakukan pelepasan oleh pihaknya agar tidak mati apabila terlalu lama didiamkan. Pelepasan benih lobster itu dilakukan di wilayah pantai Serang, Banten bersama dengan pihak Kementerian Kelautan dan Perikanan (KKP) melalui Balai Besar Karantina Ikan dan Pengendalian Mutu (BKIPM) Jakarta I.

"Hal ini dilakukan sebagai bentuk keseriusan untuk menjaga ekosistem dan menjaga keberlangsungan biota laut lobster. Kita berharap tindakan ini bisa menjadi sebuah inspirasi. Bahwa aktivitas pengiriman benih lobster ini dilarang dalam ketentuan Undang-Undang kita," terangnya.

Kepala Balai Besar KIPM Jakarta 1 Bandara Soekarno-Hatta Suharyanto menjelaskan, pelaku sudah terbilang profesional. Pasalnya, usia benih lobster tidak bertahan lama jika melakukan perjalanan darat. Meski diberikan oksigen, hal tersebut hanya bertahan 8 jam.

"Sudah ahli, mereka kan kaya pemain-pemain profesional. Maksimal itu 8 jam untuk tahan setelah di oksigen, setelah itu harus di beri oksigen baru lagi," katanya.

"Pencegahannya tentu dari kementerian pasti akan memasang peringatan-peringatan di daerah-daerah penangkapan," tambahnya.
(mhd)
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1089 seconds (0.1#10.140)