Hindari Macet, Warga Asal Depok Ini Mudik saat Lebaran Hari Pertama

Sabtu, 22 April 2023 - 15:20 WIB
loading...
Hindari Macet, Warga Asal Depok Ini Mudik saat Lebaran Hari Pertama
Sejumlah pemudik di Pelabuhan Eksekutif Merak, Banten, Sabtu (22/4/2023). Foto/Yohannes Tobing
A A A
JAKARTA - Mudik Lebaran menjadi tradisi tiap tahun umat muslim di Indonesia. Para perantau pulang ke kampung halaman untuk merayakan Idulfitri bersama keluarga besar.

Banyak masyarakat yang balik ke kampung halaman sebelum hari raya. Namun tidak sedikit juga masyarakat yang pulang kampung saat hari raya atau Lebaran hari pertama, seperti yang dilakukan Ari Susanto (42), warga Depok, Jawa Barat ini.

Ari memilih mudik Lebaran ke kampung halamannya di wilayah Lampung Timur pada Sabtu (22/4/2023). Alasannya, situasi saat hari raya lebih sepi dan tidak menumpuk ketimbang hari sebelumnya.

Hindari Macet, Warga Asal Depok Ini Mudik saat Lebaran Hari Pertama






"Saya memang sengaja mengambil hari ini karena memang situasinya lebih sepi ya, jadi lebih santai. Selain itu juga saya sebelumnya ingin bersilaturahmi dengan keluarga di Depok terlebih dahulu," kata Ari saat ditemui di Pelabuhan Eksekutif Merak, Banten.

Waktu yang dimiliki Ari untuk pulang kampung hanyalah sebentar. Hal ini dikarenakan waktu libur yang diberikan perusahaan tempatnya bekerja sangat sedikit, untuk itu dirinya berencana akan pulang ke tempat tinggalnya Senin depan.

"Kalau melihat tempat saya kerja, nanti Senin (24/4/2023) saya sudah balik dan kembali kerja. Kalau mudik ini disempatkan memang karena ingin ketemu keluarga di Lampung, saya juga sudah bawa oleh-oleh untuk keluarga," pungkasnya.

Adapun berdasarkan pantauan wartawan di Pelabuhan Merak, Banten belum ada peningkatan atau penumpukan pemudik dari Pulau Jawa menuju Pulau Sumatera. Hal ini dikarenakan banyak pemudik yang sudah berangkat pada hari sebelumnya.
(rca)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1162 seconds (0.1#10.140)