H+4 Lebaran, Ribuan Kendaraan Melintas di Jalur Pantura Bekasi ke Jabodetabek

Minggu, 14 April 2024 - 16:32 WIB
loading...
H+4 Lebaran, Ribuan Kendaraan Melintas di Jalur Pantura Bekasi ke Jabodetabek
Arus balik volume kendaraan pemudik yang melintas di jalan Pantura, Kabupaten Bekasi sudah mulai mengalami peningkatan sejak hari ke-4 Lebaran. Foto/MPI
A A A
BEKASI - Arus balik volume kendaraan pemudik yang melintas di jalan Pantura , Kabupaten Bekasi sudah mulai mengalami peningkatan sejak hari ke-4 Lebaran. Para pemudik yang memilih melakukan mudik arus balik lebih awal.

Arus lalu lintas terpantau ramai lancar, didominasi oleh sepeda motor dan mobil pribadi yang melintas dari arah Karawang menuju ke Kota Bekasi terpantau memadati jalan Teuku Umar, Cikarang Barat hingga Jalan Sultan Hasanuddin, Kecamatan Tambun Selatan, Minggu (14/4/2024) sore.



Kasat Lantas Polres Metro Bekasi, Kompol Nopta Histaris Souzan mengatakan hingga Sabtu (13/4/24) hingga Minggu (14/4/2024) sore, tercatat ada sebanyak 53.606 kendaraan memasuki wilayah Jabodetabek melalui jalur pantura Kabupaten Bekasi.

"Tercatat ada sepeda motor sebanyak 41.162 unit, untuk kendaraan mobil pribadi sebanyak 11.522 unit, sedangkan untuk bus itu 227 unit, dan truk sebanyak 695 unit," ujar Nopta saat dikonfirmasi, Minggu (14/4/2024).

Pihaknya juga telah menyiapkan ratusan personel yang ditempatkan di beberapa pos pantau dan pos pelayanan mudik yang didirikan disepanjang Jalan Raya Pantura.

Hal itu dilakukan untuk mengantisipasi terjadinya kemacetan akibat lonjakan jumlah kendaraan pada arus balik. Selain itu, pihaknya memastikan kelancaran arus balik Idulfitri 2024 kali ini, dengan menyiapkan beberapa skema pengaturan lalu lintas di Jalan Raya Pantura Kabupaten Bekasi.

"Kami memprediksi peningkatan volume kendaraan arus balik terjadi mulai Sabtu, itu masih terus meningkat sampai nanti puncak arus balik," ungkapnya.

Sementara itu, Ihsanu (39) salah satu pemudik arus balik menggunakan sepeda motor dari Kota Cirebon menuju ke Jakarta, mengaku memilih melakukan perjalan arus balik lebih usai berlebaran di kampung halamannya guna menghindari kemacetan pada puncak arus balik.



"Dari Cirebon mau ke Jakarta, kalau dijalan sih tadi pengalihan arus itu sudah ada di wilayah Cikampek," kata Ihsanu.
(kri)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1198 seconds (0.1#10.140)