Berkah Jelang Lebaran, Pedagang Ketupat di Bekasi Raup Keuntungan

Jum'at, 21 April 2023 - 15:11 WIB
loading...
Berkah Jelang Lebaran, Pedagang Ketupat di Bekasi Raup Keuntungan
Salah seorang pedagang ketupat tampak melayani pembeli di Pasar Pondok Gede, Bekasi. Foto: MPI/Annastasya Rizqa
A A A
BEKASI - Ketupat menjadi santapan sedap dan tak terlupakan untuk disajikan saat perayaan Hari Raya Idulfitri atau Lebaran . Makanan ini menjadi ciri khas saat momentum hari raya tiba.

Hal itu juga membuat para pedagang kulit ketupat mendapatkan limpahan rezeki di momen jelang Lebaran ini. Salah satunya yang turut merasakan ialah pedagang ketupat, Sutinah (45).

Pedagang ketupat di Pasar Pondok Gede, Bekasi ini merasakan limpahan rezeki di bulan Ramadan 1444 Hijriah. Sutinah yang mengaku sudah berjualan sejak Kamis 20 April 2023 ini akan tetap buka hingga malam takbiran nanti, Jumat (21/4/23).

“Dari semalam sudah jualan (kulit ketupat), sampai nanti malam takbiran,” ucapnya saat ditemui di Pasar Pondok Gede, Bekasi.

Sutinah menjelaskan dirinya menjual makanan khas Lebaran itu tidak hanya yang sudah matang tetapi juga yang masih kulit. Untuk kulit ketupat, dirinya membandrol dengan harga Rp10.000 per ikat, dan ketupat yang sudah matang dijual seharga Rp3.000 untuk satu ketupat.

Ia menjelaskan keuntungan yang didapat cukup berlimpah, khususnya dari penjualan ketupat yang sudah matang. “Ya alhamdulillah lumayan lah, (paling laris) ketupat yang sudah matang,” ujarnya.



Namun, ia menjelaskan, tak membawa begitu banyak ketupat karena keterbatasan fisiknya. “Enggak (bawa terlalu banyak) bawa ketupat semampunya aja,” tambahnya.

Hal serupa turut dirasakan Fedi. Penjual ketupat yang juga berada di Pasar Pondok Gede, Bekasi ini mendapat banyak keuntungan jelang Lebaran 2023.

Ia yang juga sudah berjualan sejak Kamis malam itu meraup keuntungan cukup besar. Sedikitnya Fedi sudah mendapat keuntungan hingga Rp500.000 kurang dari tiga jam berjualan. “Hari ini sekitar Rp500.000 lah, baru hari ini,” kaya Fedi.

Fedi mengaku ia juga berjualan ketupat setiap tahunnya. Namun, jika dibandingkan dengan tahun kemarin, Fedi justru mendapat keuntungan lebih banyak di tahun 2022. “Tahun kemarin keuntungannya 100 persen, sekarang kurang lebih 50 persen lah,” tambahnya.

Meski begitu, Fedi mengaku tetap bersyukur dengan berkah dari penjualan ketupat di setiap tahunnya. Ia tak menyangka hasil penjualan ketupat ini bisa cukup menjanjikan dan membawa pemasukan lebih, khususnya menjelang Idulfitri.
(mhd)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1433 seconds (0.1#10.140)