Dijamin Seru! Warga Jabodetabek Bisa Saksikan Langsung Akrobat Pesawat Tempur di Lanud Halim

Jum'at, 07 April 2023 - 07:15 WIB
loading...
Dijamin Seru! Warga Jabodetabek Bisa Saksikan Langsung Akrobat Pesawat Tempur di Lanud Halim
TNI AU memberikan kesempatan kepada masyarakat Jabodetabek menyaksikan langsung demo akrobat pesawat tempur di Lanud Halim Perdanakusuma, Jakarta Timur, Minggu (9/4/2023). Foto: MPI/Muhamad Farhan
A A A
JAKARTA - TNI AU memberikan kesempatan kepada masyarakat Jabodetabek menyaksikan langsung demo akrobat pesawat tempur di udara. Gelaran HUT TNI Angkatan Udara (AU) ke-77 dibuka secara umum pada Minggu (9/4/2023) di Lapangan Udara (Lanud) Halim Perdanakusuma.

Kepala Dinas Penerangan TNI AU Marsma TNI Indan Gilang Buldansyah mengungkapkan, demo atraksi pesawat tempur di udara akan ditampilkan mulai pukul 09.15 hingga 10.20 WIB.

"Sudah diumumkan, masyarakat di sekitar Jakarta, Jabodetabek, bisa datang ke sini (Halim)," ujar Indan, Jumat (7/4/2023).



Untuk memberikan kemudahan akses masuk masyarakat ke Lanud Halim,l, sejumlah titik akan dibuka. Ia pun merinci akses jalan mana saja yang bisa dilalui masyarakat untuk menyaksikan atraksi dj hari bertambahnya usia kesatuan Matranya. "Kita ada titik masuk. Ada yang dari Cawang, Pondok Gede, ada dari Kalimalang," jelas Indan.

TNI AU juga memfasilitasi kendaraan umum di sejumlah lahan parkir untuk kendaraan masyarakat. Hal ini dilakukan mengingat akses jalan menuju Lanud Halim cukup luas, sehingga memerlukan bantuan kendaraan uutuk mencapai lokasi perayaan.

"Nanti ada disiapkan titik-titik parkir kita siapin shuttle. Jadi ada angkutan kota Trans Halim itu mereka akan mentransfer ke sini (Lanud Halim), jadi parkir enggak perlu di sini. masyarakat bisa ke sini sebelum jam 8 ya," tegas Indan.


Sebelumnya semarak persiapan HUT TNI AU ke-77, sudah terasa. Lengkingan suara mesin pesawat tempur bergaung di langit Timur Jakarta. Asal usul suara gemuruh yang terus berseliweran di angkasa itu nyatanya sebagai bentuk gladi resik persiapan perayaan HUT TNI AU pada Kamis (6/4/2023).



Atraksi total dari 82 pesawat, berseliweran memeriahkan perayaan dirgahayu TNI AU tersebut. Jenis pesawat tempur yang tampil yakni 36 pesawat TNI AU terdiri dari F-16 Fighting Falcon, Sukhoi SU-27/30, T-50i Golden Eagle dan EMB-314 Super Tucano.

"Upacara ini sengaja digelar dengan cukup besar mengingat kita jatuh pada ke-77 tahun, dimana kita menilai bahwa cukup panjang perjalanan pembangunan TNI AU," kata KSAU Marsekal TNI Fadjar Prasetyo.

Untuk diketahui, 14 pesawat tempur F-16 akan melakukan terbang formasi membentuk angka 77. Sementara 4 Sukhoi SU-27/30 akan melakukan terbang formasi berupa Box Formation dan Bomb Burst.

Lalu, 4 pesawat T-50i dan 1 F-16 melakukan Bomb Burst, dan 2 pesawat T-50i lainnya amelaksanakan misi Serangan Udara Langsung (SUL) dan Dog Fight dengan 1 pesawat F-16. Sementara itu, 6 pesawat tempur EMB-314 Super Tucano melaksanakan terbang formasi membentuk Arrow Formation dan 2 pesawat lainnya melakukan misi Close Air Suppot (CAS).
(thm)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1979 seconds (0.1#10.140)