Peringatan Dini! Hujan Lebat Berpotensi Landa Jabodetabek hingga Sepekan ke Depan

Jum'at, 08 Maret 2024 - 09:00 WIB
loading...
Peringatan Dini! Hujan Lebat Berpotensi Landa Jabodetabek hingga Sepekan ke Depan
BMKG mengeluarkan peringatan dini potensi hujan lebat yang berpotensi melanda wilayah Jabodetabek hingga sepekan ke depan atau 14 Maret 2024. FOTO/DOK.SINDOnews
A A A
JAKARTA - Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG) mengeluarkan peringatan dini potensi hujan lebat yang berpotensi melanda wilayah Jakarta, Bogor, Depok, Tangerang, Bekasi ( Jabodetabek ) hingga sepekan ke depan atau 14 Maret 2024.

"Perlu diwaspadai potensi hujan sedang hingga lebat yang dapat disertai kilat atau angin kencang di wilayah Jabodetabek pada tanggal 8-14 Maret 2024," kata Deputi Bidang Meteorologi, Guswanto dalam keterangannya, dikutip Jumat (8/3/2024).

Guswanto mengatakan potensi hujan di wilayah Jabodetabek dipengaruhi oleh dinamika atmosfer diantaranya adanya aktivitas Madden Julian Oscillation (MJO) serta fenomena Gelombang Kelvin dan Rossby Equatorial yang aktif di wilayah Indonesia.



Selain itu, peningkatan kecepatan angin dari utara Indonesia hingga melintasi equator melalui Selat Karimata yang mengindikasikan aktivitas Cross Equatorial Northerly Surge (CENS).

"Potensi pembentukan pusat tekanan rendah di Samudra Hindia Barat Daya - selatan Jawa dan Australia bagian utara yang dapat memicu terbentuknya pola pumpunan dan perlambatan angin di Indonesia bagian selatan," ujar Guswanto.

Ia memastikan BMKG akan terus memantau kondisi cuaca dan perubahannya berdasarkan data dan analisas terkini selama sepekan ke depan.

"Masyarakat diimbau untuk tetap waspada dan melakukan langkah-langkah antisipatif terhadap peningkatan curah hujan yang berpotensi terjadi dalam seminggu ke depan dengan terus memperbarui informasi prakiraan dan peringatan dini cuaca dari BMKG," katanya.
(abd)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1819 seconds (0.1#10.140)