3 Tradisi Malam Nuzulul Quran di Jakarta dan Sekitarnya

Kamis, 06 April 2023 - 18:05 WIB
loading...
3 Tradisi Malam Nuzulul Quran di Jakarta dan Sekitarnya
Iktikaf di masjid merupakan tradisi umum yang biasanya dilakukan umat muslim ketika memperingati Malam Nuzulul Quran. Foto: Dok SINDOnews
A A A
JAKARTA - Malam Nuzulul Quran menjadi momentum berharga di bulan Ramadan . Ada 3 tradisi Malam Nuzulul Quran di Jakarta dan wilayah sekitarnya.

Nuzulul Quran merupakan malam diturunkannya kitab suci Al-Qur’an kepada Nabi Muhammad SAW melalui Malaikat Jibril. Peristiwa ini diperingati setiap tanggal 17 Ramadan dan tahun ini jatuh pada 8 April 2023.
Baca juga: Mengapa Nuzulul Qur'an Diperingati 17 Ramadan?

Selain memperbanyak ibadah, biasanya malam Nuzulul Quran juga disambut dengan berbagai cara. Di beberapa daerah di Indonesia, terdapat sejumlah tradisi untuk memperingati Malam Nuzulul Quran. Termasuk juga di Jakarta dan wilayah sekitarnya.

Berikut 3 tradisi Malam Nuzulul Quran yang banyak ditemui di Jakarta dan sekitarnya dihimpun Litbang MPI:

1. Iktikaf di Masjid
Iktikaf di masjid merupakan tradisi umum yang biasanya dilakukan umat muslim ketika memperingati Malam Nuzulul Quran. Tradisi ini banyak ditemui di masjid-masjid Jakarta.

Biasanya menjelang Malam Nuzulul Quran, masjid-masjid dipenuhi jemaah yang iktikaf di masjid untuk melakukan beberapa rangkaian acara dalam memperingati Nuzulul Quran, mulai dari khataman Al-Qur’an, memperbanyak salat sunah, hingga doa bersama.

Malam Nuzulul Quran memang selayaknya dijadikan momentum bagi umat muslim untuk meningkatkan ibadah sekaligus mengamalkan nilai-nilai yang terkandung dalam Al-Qur’an.

2. Tahlilan
Tahlilan menjadi salah satu kegiatan yang masih dijadikan amalan bagi umat muslim di Indonesia khususnya bagi kalangan Nahdlatul Ulama (NU). Tak hanya menjadi tradisi ketika Malam Nuzulul Quran, tahlilan juga biasanya dilaksanakan secara rutin pada malam Jumat atau malam-malam tertentu lainnya.

Tahlilan diisi rangkaian membaca ayat-ayat Al-Qur’an, zikir kalimat thayyibah, shalawat nabi, dan doa bersama. Tak hanya itu, tahlilan biasanya ditutup dengan makan hidangan bersama atau masing-masing umat muslim yang hadir membawa hidangan makanan.

3. Pengajian
Salah satu cara memperingati Malam Nuzulul Quran yang banyak ditemui di masjid atau majelis di Jakarta adalah menggelar pengajian. Pada dasarnya, rangkaian pengajian memiliki kesamaan dengan kegiatan yang sudah disebutkan di atas.

Yang menjadi perbedaan adalah pemuka agama yang diundang memberikan tausiyah atau ceramah. Tausiyah yang disampaikan ini mengandung ilmu dan ajakan kebaikan.

Pada peringatan Malam Nuzulul Quran, biasanya tema yang diambil dalam penyampaian tausiyah tidak terlepas dari bahasan Nuzulul Quran, mulai dari sejarah, keutamaan, serta amalan saat Nuzulul Quran.
(jon)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1852 seconds (0.1#10.140)