Arus Mudik Lebaran 2023: Tol Jakarta-Cikampek Tanpa One Way, Hanya Contraflow

Rabu, 05 April 2023 - 21:31 WIB
loading...
Arus Mudik Lebaran 2023: Tol Jakarta-Cikampek Tanpa One Way, Hanya Contraflow
Pada arus mudik Lebaran 2023, sistem one way atau satu arah di Tol Jakarta-Cikampek mengarah ke Jawa tidak diberlakukan. Foto: Dok SINDOnews
A A A
JAKARTA - Pada arus mudik Lebaran 2023, sistem one way atau satu arah di Tol Jakarta-Cikampek mengarah ke Jawa tidak diberlakukan. Kebijakan itu agar kendaraan dari Bandung menuju Jakarta tetap bisa melalui Tol Cipularang.

"Kita diuntungkan yang telah disiapkan Jasa Marga di Cikampek lajur 4x2 sehingga isu kemarin dari Cipularang tertahan karena one way di Cikampek, kita tidak berlakukan one way di Cikampek," ujar Kakorlantas Polri Irjen Pol Firman Shantyabudi di Gedung NTMC Polri, Rabu (5/4/2023).

Menurut dia, sistem one way hanya diberlakukan di Tol Cipali. Sedangkan, Tol Jakarta-Cikampek hanya contraflow dengan maksimal mengambil 2 ruas jalan dari arah Bandung.
Baca juga: Puncak Arus Mudik Lebaran 2023 Diprediksi 20-21 April

"Sehingga (kendaraan) dari Cipularang bisa mengarah ke Jakarta. Ini juga menguntungkan PO bus yang mengedrop penumpang di wilayah timur bisa segera kembali mengambil penumpang dari Jakarta," kata Firman.

Puncak arus mudik Lebaran 2023 diperkirakan terjadi pada 20-21 April 2023. Sementara, puncak arus balik akan terjadi 2 kali gelombang yakni tanggal 25-26 April dan 30 April serta 1 Mei 2023.

"Diperkirakan satu puncak arus mudik dan dua puncak arus balik," ujar Firman setelah memberikan sambutan penutupan dalam gelar Tactical Floor Game (TFG) bersama Kementerian PUPR dan Kementerian Perhubungan di Pancoran, Jakarta Selatan, Rabu (5/4/2023).

Lebih detail dalam Surat Keputusan Bersama (SKB) yang ditandatangani Polri, Kementerian PUPR dan Kementerian Perhubungan menyatakan puncak arus mudik diperkirakan terjadi pada Kamis 20 April-Jumat 21 April 2023.

Kemudian, puncak arus balik akan terjadi dua kali yakni Selasa 25 April-Rabu 26 April 2023. Kemudian gelombang kedua pada Minggu 30 April - Senin 1 Mei 2023.

"Sehingga kami segera menugaskan beberapa perwira pengawas dan jajaran karena di seluruh jalan tol itu sudah mulai setelah gelar pasukan pada 17 April," kata Firman.

Strategi pengaturan lalu lintas jelang arus mudik dan balik Lebaran 2023 dengan Tactical Floor Game (TFG) dihadiri sejumlah perwakilan Kementerian Perhubungan (Kemenhub), Kementerian PUPR, perwakilan Jasa Marga, perwakilan Jasa Raharja, hingga perwakilan Polda Metro Jaya, Polda Jawa Barat, Polda Jawa Tengah, dan institusi lainnya.

TFG berlangsung dengan menggunakan peta jalan dilengkapi miniatur kendaraan, bendera, dan pos lalu lintas di setiap titik yang berpotensi terjadi kemacetan. Masing-masing jajaran Dirlantas Polda yang hadir menjelaskan strategi yang akan diterapkan di wilayahnya.

Korlantas Polri berkomitmen mewujudkan program mudik aman dan nyaman bagi masyarakat pada Hari Raya Idulfitri 1444 Hijriah.
(jon)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1656 seconds (0.1#10.140)