43 Hari di Ruang ICU, Jonathan Latumahina Jelaskan Kondisi Putranya D Jalani 2 Terapi

Senin, 03 April 2023 - 16:34 WIB
loading...
43 Hari di Ruang ICU, Jonathan Latumahina Jelaskan Kondisi Putranya D Jalani 2 Terapi
Jonathan Latumahina menjelaskan kondisi terkini putranya D (17), selama menjalani perawatan medis di RS Mayapada, Kuningan, Jakarta Selatan. Foto: Tangkapan layar iNews
A A A
JAKARTA - Jonathan Latumahina menjelaskan kondisi terkini putranya D (17), selama menjalani perawatan medis di RS Mayapada, Kuningan, Jakarta Selatan. D saat ini tengah menjalani dua terapi , yakni terapi kesadaran kualitatif, dan kesadaran kuantitatif.

"Kondisi D di hari 43 ini ya terbagi menjadi dua terapi. Pertama terapi kesadaran kualitatif, di mana hal itu terkait dengan kognitif, bagaimana otak bekerja dan lainnya," terang Jonathan kepada wartawan, Senin (3/4/2023).

Kedua, kata dia, terapi kesehatan kesadaran kuantitatif atau disebut dengan motorik. Sebabnya, kata dia, D mengalami Diffuse Axonal Injury stage 2 disebabkan trauma keras yang menyebabkan otaknya berputar dan sarafnya putus semua.

"Secara medis D koma dari Senin 20 Februari 2023 sampai Senin selanjutnya atau komanya selama delapan hari. Terkait koma atau tidak, RS punya skala namanya glasgow coma scale, orang sadar itu skalanya 15, D ketika masuk itu tiga, parameternya ada tiga yang pertama ada respons penglihatan, respons pengendaran, yang respon gerak," tuturnya.



Dia menerangkan, saat pertama kali D masuk rumah sakit, dari tiga parameter skala itu, masing-masingnya hanya ada satu poin sehingga kala itu kondisi D seolah orang meninggal tapi masih bernapas. Baru di hari ke-8 D sudah membuka mata meski belum sadarkan diri.

"Terapi yang dilakukan saat ini sangat ketat sehingga D masih tetap di ICU karena Jumat kemarin dia sempat panas sampai 38,4. Maka itu, saya mohon doa banget karena ini tak akan bisa berlalu dengan cepat kalau tanpa saudara-saudara mendoakan. Netizen semua saya enggak kenal, saya ucapkan terima kasih luar biasa, sampai di hari ke 43 ini, anak saya sudah mengalami sedikit progres," terangnya.
(mhd)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1032 seconds (0.1#10.140)