Wakil Wali Kota Depok Pastikan Stok Pangan Aman Meski Harga Naik saat Ramadan

Jum'at, 24 Maret 2023 - 08:09 WIB
loading...
Wakil Wali Kota Depok Pastikan Stok Pangan Aman Meski Harga Naik saat Ramadan
Seorang pedagang telur dan bahan pokok lainnya di salah satu pasar tradisional. Foto: MPI/Ilustrasi
A A A
DEPOK - Sejumlah harga komoditas pangan pokok melonjak saat memasuki Bulan Suci Ramadan , termasuk di Kota Depok. Namun, Wakil Wali Kota Depok Imam Budi Hartono memastikan stok terkendali meski terjadi lonjakan harga.

"Alhamdulillah terkendali, stok tersedia walaupun beberapa (bahan pangan pokok) harga naik," kata Imam saat dikonfirmasi, Jumat (24/3/2023).

Imam juga memastikan pada hari pertama Ramadan ketersediaan pasokan kebutuhan pokok di Kota Depok aman. Selain itu tersebar merata di seluruh Pasar Tradisional yang ada di Depok.

"Pada hari pertama Ramadan 1444 Hijriah ini, alhamdulillah ketersediaan pasokan barang kebutuhan pokok masyarakat diKota Depok dalam kondisi aman tersedia merata di seluruh Pasar Rakyat yang ada di Kota Depok," ucapnya.

Selanjutnya terkait dengan harga, Imam menyebut sejumlah komoditas alami kenaikan saat memasuki bulan Ramadan. Kendati demikian, lonjakan harga bahan pokok di Kota Depok dalam batas wajar seiring meningkatnya permintaan.

"Terkait dengan harga sebagaimana terjadi di daerah lain secara nasional dan juga berdasarkan data historis, ada beberapa komoditas yang mengalami kenaikan harga setiap memasuki bulan Ramadan, namun kenaikan harga di Kota Depok masih dalam batas wajar, kenaikan harga tersebut pada umumnya disebabkan karena adanya peningkatan permintaan," tuturnya.

Lebih lanjut, Pemkot Depok mengimbau kepada masyarakat untuk senantiasa melaksanakan Pola Hidup Sederhana (PHS) dengan berbelanja secara bijak sesuai dengan kebutuhan.

"Sehingga ketersediaan pasokan dan keterjangkauan harga barang kebutuhan pokok masyarakat di Kota Depok dapat terjaga dengan baik selama Bulan Ramadan hingga Hari Raya Idul Fitri 1444 Hijriah mendatang," terangnya.

Sementara itu, Tim Pengendali Inflasi Daerah (TPID) Kota Depok, Selasa 21 Maret 2023 melakukan inspeksi mendadak (sidak) ke Pasar Sukatani, Kecamatan Tapos, Kota Depok. Sidak ini diadakan guna memantau perkembangan harga dan stok bahan kebutuhan pokok menjelang Ramadan dan Hari Raya Idulfitri 1444 Hijriah.

Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.2862 seconds (0.1#10.140)