Tekan Emisi Karbon, 3.000 Bibit Pohon Mangrove Ditanam di Taman Wisata PIK

Rabu, 22 Maret 2023 - 14:02 WIB
loading...
Tekan Emisi Karbon, 3.000 Bibit Pohon Mangrove Ditanam di Taman Wisata PIK
Garuda Indonesia melakukan penanaman bibit pohon mangrove di Taman Wisata Pantai Indah Kapuk, Jakarta Utara. Foto/Istimewa
A A A
JAKARTA - Garuda Indonesia melakukan penanaman mangrove di Taman Wisata Pantai Indah Kapuk, Jakarta Utara. Kegiatan ini digelar dalam mendukung upaya konservasi lingkungan secara berkelanjutan guna menekan emisi karbon.

Direktur Utama Garuda Indonesia Irfan Setiaputra mengatakan, program penanaman bibit pohon mangrove ini merupakan wujud komitmen untuk berkontribusi secara aktif dalam mendukung upaya pemerintah yang menargetkan net-zero emission di Indonesia pada tahun 2060 mendatang.

"Indonesia, dengan sekitar 120 juta hektare lahan hutannya, berpotensi menghasilkan 28 miliar ton kredit karbon per tahun. Ini menjadi kesempatan yang baik bagi Indonesia khususnya transportasi udara untuk menjadi lead sector di bidang ekonomi hijau yang berkelanjutan," kata Irfan dalam keterangannya Rabu (22/3/2023).

Irfan menuturkan, dalam program ini pihaknya melakukan kolaborasi program sustainability development bersama Jejakin untuk pelaksanaan program lingkungan secara menyeluruh.


"Program mangrove planting ini diawali dengan penanaman 3.000 bibit yang akan dilaksanakan sepanjang tahun 2023. Secara keseluruhan, jumlah bibit pohon mangrove yang akan ditanam di tahun 2023 tersebut setara dengan pengurangan karbon sebesar 286,800 kgCO2e," tuturnya.

Menurut dia, kontribusi ini dapat memulihkan ekosistem hutan mangrove di Jakarta, dengan mengurangi bencana intrusi air laut, banjir rob, serta meminimalisir kerusakan habitat di sekitarnya.

"Konservasi mangrove tidak hanya bermanfaat terhadap pelestarian lingkungan, akan tetapi juga dapat mengoptimalkan potensi wisata daerah sekitar. Tanaman mangrove juga memiliki nilai lebih secara ekonomi karena dapat menghasilkan produk-produk olahan mangrove," ujarnya.

(hab)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1117 seconds (0.1#10.140)