Gelar Tangerang Mangrove Jazz Festival, Bupati: Edukasi Pentingnya Konservasi Mangrove

Minggu, 10 September 2023 - 15:24 WIB
loading...
Gelar Tangerang Mangrove Jazz Festival, Bupati: Edukasi Pentingnya Konservasi Mangrove
Bupati Kabupaten Tangerang Ahmed Zaki Iskandar saat pembukaan event Tangerang Mangrove Jazz Festival 2023 di Kawasan Ketapang Urban Aquaculture Mangrove (KUA) Tangerang, Minggu (10/9/2023). Foto/Istimewa
A A A
TANGERANG - Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Tangerang bersama Dawnshine menggelar Tangerang Mangrove Jazz Festival. Acara yang digelar di Kawasan Ketapang Urban Aquaculture Mangrove (KUA) Tangerang pada 9-10 September 2023 ini untuk mengedukasi masyarakat mengenai pentingnya konservasi mangrove.

Wilayah Pantai Utara Tangerang dan Jakarta saat ini semakin berkembang pesat dengan pembangunan wilayah PIK 1 dan 2. Untuk itu, Pemkab Tangerang berupaya turut aktif menghadirkan beragam hiburan guna memperkenalkan destinasi wisata mangrove yang berkembang pesat di Desa Ketapang, Kecamatan Mauk, Kabupaten Tangerang.



Salah satu cara efektif dalam mengenalkan pesona alam mangrove ini adalah penyelenggaraan festival musik jazz yang tidak hanya sekadar hiburan panggung musik, tapi bentuk dukungan atas program pemerintah untuk membangkitkan dan memperkuat kembali potensi pariwisata serta membangkitkan kesadaran masyarakat pentingnya menjaga ekosistem mangrove di pesisir Tangerang.

"Kegiatan ini juga dilakukan sebagai bentuk wadah informasi dan edukasi kepada masyarakat luas mengenai manfaat dari memberikan perlindungan wilayah pesisir dari abrasi," ujar Bupati Kabupaten Tangerang Ahmed Zaki Iskandar saat pembukaan event Tangerang Mangrove Jazz Festival 2023 di Kawasan Ketapang Urban Aquaculture Mangrove (KUA) Tangerang, Minggu (10/9/2023).

Zaki mengatakan Tangerang Mangrove Jazz Festival 2023 adalah salah satu upaya untuk memperkenalkan destinasi wisata terbaru di wilayah Kabupaten Tangerang yang menjadi bagian dari rangkaian pembangunan di Kawasan Pantai Utara, mulai dari PIK hingga wilayah Kronjo Tangerang.

Dia mengungkapkan penyelenggaraan event ini bertujuan untuk meningkatkan kesadaran dan kepedulian akan pentingnya ekosistem mangrove, sambil berusaha menggerakkan perekonomian wilayah Pantai Utara, terutama di Ketapang, melalui festival musik, khususnya musik jazz.

“Kegiatan ini bertujuan semakin meningkatkan perekonomian masyarakat yang sebelumnya bergantung pada mata pencaharian sebagai nelayan, namun kini juga terlibat dalam upaya pelestarian alam dan pariwisata," jelasnya.

Zaki menambahkan pihaknya berencana menyelenggarakan festival setiap tahun di lokasi yang berbeda. Pada tahun depan, festival rencananya digelar di Kawasan Mangrove Center yang berdekatan dengan PIK 2, yang saat ini masih dalam tahap pengembangan.

"Tidak hanya sebagai wahana hiburan dan edukasi, acara yang diadakan di Ketapang Urban Aquaculture Mangrove ini dimanfaatkan oleh Pemkab Tangerang untuk memperkenalkan potensi wisata di wilayah tersebut. Saat ini, wilayah itu sedang menjalani upaya konservasi pohon mangrove, yang memiliki peran penting dalam mencegah abrasi laut di daerah tersebut," katanya.
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1361 seconds (0.1#10.140)