8 Masjid Besar Nan Mewah di Jakarta, Nomor Terakhir Terbesar se-Asia Tenggara

Kamis, 16 Maret 2023 - 12:49 WIB
loading...
8 Masjid Besar Nan Mewah di Jakarta, Nomor Terakhir Terbesar se-Asia Tenggara
Terdapat sejumlah masjid besar nan mewah di Jakarta. Salah satunya Masjid Istiqlal. Foto DOK SINDOnews
A A A
JAKARTA - Terdapat sejumlah masjid besar nan mewah di Jakarta . Salah satunya dinobatkan menjadi masjid terbesar se-Asia Tenggara.

Masjid seringkali disebut masyarakat sebagai tempat ibadah salat bagi umat muslim. Namun selain dijadikan sebagai tempat ibadah, masjid juga digunakan untuk berdakwah dan belajar ilmu Al-Qur'an.

Sebagai kota besar, Jakarta memiliki beberapa masjid besar dengan bangun unik dan megah. Hal itu menjadi daya tarik bagi masyarakat muslim untuk mengunjunginya.

Baca juga: 5 Pasar Legendaris di Jakarta, Nomor 3 Pusat Grosir Tertua dan Terbesar

Berikut delapan masjid besar dan mewah di Ibu Kota Jakarta:

1. Masjid Ramlie Musofa

Masjid berwarna putih dan dihiasi emas ini sangat menarik perhatian masyarakat karena arsitekturnya yang sangat mirip dengan masjid taj mahal. Diketahui masjid ini memiliki desain yang mengkombinasikan tiga unsur yakni, kebudayaan Arab, Melayu dan China.

Untuk letaknya sendiri, Masjid Ramlie Musofa berlokasi di Jalan Danau Sunter Raya Selatan Blok I / 10 No.12C - 14A, RT.13/RW.16, Sunter Agung, Tanjung Priok, Kota Jakarta Utara.

2. Masjid KH Hasyim Asy'ari

Masjid KH Hasyim Asy'ari terletak di Jalan Daan Mogot KM 14,5, Pesakih, Duri Kosambi, Cengkareng, Jakarta Barat. Masjid ini dikenal juga dengan nama lain Masjid Daan Mogot.

Masjid yang satu ini memang megah, hal itu diketahui melalui lima menara yang mengelilinginya dengan hiasan lisplang khas Betawi cokelat muda. Masjid dengan nama pendiri Nahdlatul ulama ini dapat menampung hingga 12.500 jamaah.

3. Masjid Raya Jakarta Islamic Centre

Masjid Jakarta Islamic Centre (JIC) merupakan Masjid Raya Provinsi DKI Jakarta yang berlokasi di Jalan Kramat Jaya Raya, Tugu Utara, Koja, Jakarta Utara.

Kemegahan dan kemewahan itu terlihat dari segi bangunan yang tinggi menjulang dan diinterpretasikan oleh bentangan kubah sepanjang 68 meter tanpa tiang. Diketahui bentangan tiang dari masjid ini tercatat menjadi bentangang terbesar se-Asia Tenggara.


4. Masjid Agung At-Tin

Masjid Agung At-Tin telah dibangun mulai pada bulan April 1997 di atas tanah seluas 70.000 m2 dan dapat menampung hingga 9.000 orang dalam masjid dan 1.850 orang di selasar tertutup dan plaza.

Masjid dengan gaya arsitektur yang menunjukan lekukan bentuk anak panah ini terletak di Jalan Taman Mini I No. 3 Pinang Ranti, Jakarta Timur.

5. Masjid Babah Alun Desari

Masjid Babah Alun Desari terletak di pinggir Tol Depok-Antasari, tepatnya Jl. Mandala II Bawah No. 100, Cilandak, Jakarta Selatan.
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1908 seconds (0.1#10.140)