Ini 5 Mall Tertua di Indonesia, Terbanyak dari Jakarta

Kamis, 08 Desember 2022 - 19:47 WIB
loading...
Ini 5 Mall Tertua di Indonesia, Terbanyak dari Jakarta
Deretan mall tertua di Indonesia menjadi sebuah topik yang menarik untuk dibahas. Foto DOK SINDOnews
A A A
JAKARTA - Deretan mall tertua di Indonesia menjadi sebuah topik yang menarik untuk dibahas. Selain memiliki sejarah panjang dalam pembentukannya, sejumlah mall ini juga menjadi pelopor pusat perbelanjaan di Indonesia.

Dari sekian nama yang tercatat, Kota Jakarta menjadi penyumbang terbanyak. Berikut sejumlah mall tertua di Indonesia.

Baca juga : Jejak Sejarah Gedung Sarinah hingga Menuju Transformasi

1. Sarinah

Pada sejarahnya, Sarinah menjadi salah satu pusat perbelanjaan paling bersejarah di Indonesia. Dikutip dari laman sarinah.co.id, bangunan tersebut didirikan pada 17 Agustus 1962 dengan nama PT Department Store Indonesia.

Digagas sendiri oleh Bung Karno, Sarinah ditujukan untuk mewadahi berbagai aktivitas perdagangan di dalam negeri. Misi tersebut terealisasi dengan dibangunnya Gedung Sarinah di Jalan M.H. Thamrin, Jakarta.

Peresmiannya sendiri berlangsung pada 15 Agustus 1966 dan menjadikannya sebagai pusat perbelanjaan pertama di Indonesia. Terbaru, Sarinah telah mendapat renovasi besar-besaran sejak 2020 lalu.

Setelahnya, proyek tersebut rampung pada awal tahun 2022 lalu. Kini, Sarinah memiliki wajah baru dengan tampilan gedungnya yang elegan dan tampak modern.

2. Tunjungan Plaza Surabaya

Mall tertua di Indonesia yang berikutnya adalah Tunjungan Plaza Surabaya. Dalam sejarahnya, mall ini telah berdiri sejak tahun 1986. Dikutip dari pemberitaan MPI, awalnya Tunjungan Plaza Surabaya didirikan di atas tanah 5 hektar dengan luas sekitar 44.700,88 persegi.
Halaman :
Komentar
Copyright © 2023 SINDOnews.com
read/ rendering in 0.2565 seconds (11.97#12.26)